Cara Mematikan/Restart iPhone 14 Hang Tidak Bisa Disentuh

Kali ini saya akan membagikan cara mematikan paksa atau me-restart paksa iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.


Cara ini dapat kalian gunakan untuk memperbaiki apabila sistem di iPhone 14 yang bermasalah sehingga menyebabkan iPhone menjadi hang, freeze, tidak bisa disentuh, alias tidak bisa merespon apapun.

Setelah dimatikan atau restart paksa, sistem iPhone akan kembali normal dan masalah langusng bisa teratasi.

Oke, tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mematikan/Restart iPhone 14 Hang Tidak Bisa Disentuh

Lakukan cara ini dengan tempo perpindahan antar tombol agak cepat ya!

  1. Tekan tombol "Volume Atas" lalu segera lepas.
  2. Tekan tombol "Volume Bawah" lalu segera lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol "Power/Lock" sekitar 10 sampai 15 detik sampai iPhone restart atau menampilkan logo Apple.


Apabila belum berhasil mati atau restart, coba jeda 5 detik, kemudian ulangi cara-cara di atas dengan agak cepat.

Ingat! beberapa pengguna gagal menggunakan cara di atas akibat terlalu lama, kurang keras saat menekan tombol, atau tombol Power/Lock yang seharusnya terus ditekan malah terlepas.

Jika sudah berhasil, maka selamat, untuk mencegah masalah serupa kembali terjadi, silakan cek informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Penyebab iPhone Hang Tidak Bisa Disentuh?

Salah satu penyebab utama iPhone tiba-tiba hang dan tidak bisa disentuh adalah kesalahan sistem atau bug.

Meski bukan merupakan masalah yang serius karena dapat diperbaiki sendiri dengan sangat-sangat mudah, namun dampak yang diakibatkan olehnya terlihat cukup serius bukan?

Nah, ke depannya untuk mencegah masalah serupa kembali terjadi, disarankan untuk:

  • Rutin update ke iOS versi terbaru yang tersedia.
  • Selalu gunakan charger yang asli atau berkualitas.
  • Hapus beragam aplikasi atau data yang tidak lagi diperlukan.
  • Hindari men-jailbreak iPhone.
  • Hindari menginstall aplikasi di luar Apple Store dari sumber yang tidak terpercaya/meragukan.
  • Cek Kesehatan Baterai atau Battery Health iPhone secara berkala (Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai), dan ganti baterai apabila sudah diperlukan atau Kapasitas Maksimum sudah menunjukan angka di bawah 80%.

Selain faktor-faktor di atas memang faktor kesalahan atau bug pada iOS di luar kendali kita sebagai pengguna.

Maka dari itu cara-cara di atas tadi cukup penting diketahui oleh setiap pengguna iPhone untuk mengatasi iPhone mereka yang bermasalah.

Masih Tidak Berhasil?


Apabila cara-cara di atas tadi masih tidak membuahkan hasil meski sudah dicoba berulang-ulang kali, ada kemungkinan masalah bukan disebabkan oleh sistem di iPhone kalian yang bermasalah, melainkan ada salah satu komponen iPhone yang mengalami kerusakan.

Biasanya hal ini terjadi setelah iPhone terbentur cukup keras atau terendam air dalam waktu yang cukup lama.

Kerusakan tersebut bisa datang dari komponen layar terutama apabila layar mengalami keretakan, atau ada konektor yang copot maupun kendur akibat benturan yang cukup keras, dan yang terparah yakni diakibatkan oleh kerusakan logic board yang mengalami retak atau patah.

Solusinya? disarankan untuk menggaransikan iPhone apabila masih dalam masa garansi, atau silakan bawa ke layanan perbaikan resmi Apple maupun layanan perbaikan yang sudah terpercaya lainnya.

Penutup...

Nah, bagaimana? apakah cara-cara di atas sudah berhasil memperbaiki iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, atau iPhone 14 Pro Max kalian yang tiba-tiba hang dan tidak bisa disentuh?

Oke, itu saja informasi atau tutorial cara mematikan maupun me-restart jajaran iPhone 14 yang tiba-tiba nge-hang dan tidak bisa disentuh.

Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih!