Notifikasi Rumah iPhone Tidak Bisa Ditutup (Layar Tidak Bisa Disentuh)

Tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah cukup serius ketika membuka aplikasi Rumah atau Home bawaan iPhone. Tepatnya saat munculnya pesan "Rumah" Ingin Mengirimi Anda Peringatan Penting atau "Home" Would Like to Send Your Critical Alerts.

Secara aneh, kemunculan pesan tersebut membuat iPhone jadi nge-hang, dalam arti layarnya tidak bisa disentuh sama sekali.

Nah, tidak perlu panik, untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah, yang perlu kalian lakukan hanyalah dengan me-restart paksa iPhone tersebut.

Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Notifikasi Rumah iPhone Tidak Bisa Ditutup (Layar Tidak Bisa Disentuh)


Lakukan dengan Tempo Perpindahan Antar Tombol-nya dengan Cepat Ya!

Pengguna iPhone 8, X, XR, XS, 11, 12, 13, 14, SE 2/3, dst.:

  1. Tekan tombol "Volume Atas" lalu lepas.
  2. Tekan tombol "Volume Bawah" lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol "Power/Lock" sekitar 10 hingga 15 detik, atau sampai iPhone mati dan menampilkan logo Apple.

Pengguna iPhone 7 dan 7 Plus:

  1. Tekan dan Tahan terus tombol "Volume Bawah" dan "Power/Lock" secara bersamaan sekitar 10 hingga 15 detik, atau sampai iPhone mati dan menampilkan logo Apple.

Pengguna iPhone SE, 6S, 6, dan lebih lama:

  1. Tekan dan Tahan terus tombol "Home" dan "Power/Lock" secara bersamaan sekitar 10 hingga 15 detik, atau sampai iPhone mati dan menampilkan logo Apple.

Setelah restart, maka iPhone akan normal kembali, dalam arti bisa disentuh lagi.

Lalu bagaimana agar masalah serupa tidak kembali terjadi? sebenarnya, saat kalian mengakses aplikasi rumah atau Home itu lagi, maka masalah seharusnya tidak akan terulang (biasanya hanya terjadi sekali).

Jadi, bagi yang ingin meneruskan menggunakan aplikasi Rumah atau Home, silakan diteruskan saja.

Namun begitu, apabila masalah masih terulang, disarankan untuk update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini ya. Sebab update untuk aplikasi bawaan iPhone dipaketkan bersamaan dengan update iOS (tidak terpisah).

Penutup...

Bagaimana, apakah sudah berhasil? sebenarnya cara force restart atau restart paksa tersebut, dapat juga kalian terapkan untuk beragam masalah lainnya yang menyebabkan iPhone nge-hang, dalam arti tidak bisa disentuh, atau bahkan tidak mau menyala sama sekali (mati total) tanpa sebab yang jelas.

Ke depannya, untuk berjaga-jaga saja, Admin menyarankan kalian atau para pengguna iPhone lainnya untuk wajib tahu cara melakukan Force Restart atau Restart Paksa. Sebab, banyak hal atau kerusakan serius pada iPhone yang diakibatkan oleh kesalahan sistem atau aplikasi yang dapat diperbaiki melalui metode tersebut.