Apakah iPhone XR, XS, dan XS Max Bisa Kamera 0.5 atau Ultra Wide?

Tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya, apakah iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max ada atau bisa menggunakan kamera 0 5 atau tidak, yakni kamera Ultra Wide Angle untuk memotret atau merekam pandangan yang luas tanpa perlu mundur-mundur lagi, hehe.

Nah, sebelum kalian memutuskan untuk membeli salah satu dari ketiga iPhone tersebut, terutama apabila ingin mendapatkan fitur kamera 0.5-nya, maka ada hal penting yang perlu kalian ketahui sebelumnya.

Apakah iPhone XR, XS, dan XS Max Bisa Kamera 0.5 atau Ultra Wide?


Sayangnya, iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max tidak bisa menggunakan Kamera 0.5 atau Ultra Wide Angle. Bukan karena update iOS, melainkan karena ketiganya tidak memiliki lensa kamera Ultra Wide sama seperti yang dimiliki jajaran iPhone 11, 12, 13, atau 14.

Ya, fitur Kamera 0.5 (Ultra Wide Angle) pertama kali dimiliki oleh seluruh jajaran iPhone 11, dan terus ada di iPhone terbaru saat ini seperti jajaran iPhone 12, 13, 14, dan kemungkinan besar generasi iPhone terbaru yang akan dirilis nantinya.

Namun ingat, untuk jajaran iPhone SE, entah itu iPhone SE Gen-1, Gen-2, atau bahkan Gen-3, tidak memiliki fitur kamera 0.5 ya, karena saat ini jajaran iPhone SE sepertinya dibuat bagi yang menginginkan desain iPhone lama (tombol Home) dengan fitur terbatas dan harga yang murah.

iPhone Termurah dengan Kamera 0.5


Alih-alih memilih iPhone XR, iPhone XS, atau iPhone XS Max yang tidak punya kamera 0.5, iPhone 11 adalah pilihan iPhone murah terbaik yang juga sudah memiliki fitur Kamera 0.5 atau Ultra Wide Angle.

Selain itu, desain kamera dari iPhone 11 juga sudah terlihat lebih kekinian (Bulat Besar) dengan tambahan fitur Mode Malam, serta kualitas yang tentunya jauh lebih baik, entah dari hasil foto atau video.

Satu-satunya kekurangan iPhone 11 jika dibandingkan iPhone XS dan XS Max (tidak termasuk XR), yakni datang dari kualitas layar (masih LCD sama seperti XR) serta tidak memiliki kamera Telefoto atau Zoom (sama seperti XR juga).

Namun, dapat tertutupi dengan performa serta kualitas kameranya yang jauh lebih baik.

Penutup...

Jadi, bagaimana, apakah masih tertarik dengan iPhone XR, iPhone XS, atau iPhone XS Max? kalau menurut Admin, untuk yang suka kamera, sangat disarankan untuk kalian memilih setidaknya iPhone 12.

Selain sudah memiliki beragam fitur kamera termasuk Kamera 0.5, seluruh jajaran iPhone 12 juga sudah mendukung penggunaan jaringan 5G, layar OLED, desain lebih baru, serta memiliki performa yang lebih kencang sehingga cocok digunakan untuk penggunaan jangka panjang.

Namun balik lagi, apabila memiliki budget yang benar-benar terbatas, jika bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah dan kondisi yang masih bagus, tentu iPhone 11 masih bisa jadi pilihan yang tepat atau worth it saat ini (2023 atau 2024).