Cara Mengatasi Ukuran Folder yang Tidak Sesuai dengan Isinya Pada Windows

Pernahkan kalian mengecek ukuran suatu folder dan kalian mendapati ukuran tersebut ternyata jauh lebih kecil dari isi folder tersebut yang seharusnya?


Hal ini pernah terjadi pada saya dimana saya melakukan backup file dalam jumlah besar yang saya masukkan ke dalam satu folder ukurannya sekitar 40gb, kemudian saya membackup folder beserta file-file tersebut ke dalam hdd external ajaibnya ketika di cek ukuran folder ternyata berubah jauh lebih kecil dari yang seharusnya menjadi hanya sekitar 2gb saja.

Dan yang anehnya lagi ketika saya mencoba melakukan cek satu-per-satu ukuran file di dalam folder tersebut, hasilnya ukuran sesuai dan tidak masalah, tidak ada yang berubah, hanya saja jika saya cek melalui foldernya maka ukurannya jadi jauh lebih kecil.

Usut punya usut ternyata yang menyebabkan ukuran folder lebih kecil dari pada isinya adalah jumlah alamat direktori melebihi 255 karakter.

Nah bingung kan? begini saya jelaskan :

Windows sendiri ternyata hanya dapat membaca ukuran folder dengan jumlah alamat path / direktori yang tidak melebih dari 255 karakter, jadi misalkan saya membuat folder dengan nama Pukevadotcom


Maka jumlah karakter direktorinya hanya 12 Karakter 

pukevadotcom = 12 karakter

Jika saya menambahkan folder lagi ke dalam folder pukevadotcom dengan nama pukevafolderbackup maka jumlah path / direktorinya bertambah 18 karakter

pukevafolderbackup = 18 karakter

Jadi folder pukevadotcom yang berjumlah 12 karakter 

di tambah 

folder pukevafolderbackup yang ada di dalamnya dengan nama berjumlah 18 karakter

Maka panjang path / direktori sudah 30 karakter ( 12 + 18 )


Jadi dalam kasus ini ternyata saya terlalu banyak membuat folder yang ada di dalam folder lagi, sehingga jumlah alamat path / direktori foldernya sampai melebihi 255 karakter, nah hal inilah yang menyebabkan Windows tidak dapat membaca ukuran folder tersebut dengan benar.

Jadi untuk memperbaikinya silahkan kurangi jumlah folder atau persingkat nama seluruh folder beserta folder di dalamnya sehingga alamat path / direktorinya tidak melebihi 255 karakter seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Kalau mau simple silahkan gunakan Aplikasi TLPD yang dapat mendeteksi folder dengan nama lebih dari 255 karakter

DOWNLOAD via Source Forge

Cara menggunakan aplikasi TLPD

#1 : Download dan ekstrak aplikasi TLPD yang sudah di download

#2 : Buka aplikasi TLPD_x64 kemudian akan muncul peringatan seperti gambar di bawah, pilih saja 
Yes


#3 : Setelah itu cari tempat di mana folder yang bermasalah dan klik OK jika sudah


#4 : Pilih lagi tombol OK


#5 : Tunggu hingga prosesnya selesai, dan lihat hasil laporan direktori mana saja yang bermasalah.

Laporan berbentuk file text dalam Notepad, catat baik-baik ukuran path / direktori yang melebihi 255 karakter, jika ada silahkan kurangi jumlah folder atau persingkat nama foldernya sehingga tidak melebihi 255 karakter.

Jika sudah silahkan cek kembali! bagaimana mudah bukan? masalahnya simple ternyata, tetapi menyebalkan karena aneh saja hehe..

Saya harap Microsoft dapat merubah pengaturan ini di mana dapat membaca ukuran folder dengan alamat path lebih dari 255 karakter, soalnya kalau ketemu orang seperti saya yang suka asal-asalan menaruh file-file project dalam folder dengan nama lengkap jadi beginilah hasilnya ( berantakan ).

Baik sekian dulu postingan kali ini semoga dapat bermanfaat, jika ada yang ingin di sampaikan atau tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!