Tips Mengatasi Memori Penyimpanan Penuh di iOS iPhone

Pernahkan kalian mendapatkan notifikasi " Memori Hampir Penuh " atau " Storage Almost Full "?


Notifikasi tersebut menandakan bahwa ruang penyimpanan data di iPhone, iPad atau iPod kalian hampir Penuh dan tidak dapat menampung banyak data lagi, hal ini biasanya di sebabkan oleh banyaknya foto, video maupun aplikasi yang ada pada perangkat.

Untuk mengatasinya cukup mudah kalian di berikan banyak pilihan beserta kekurangan dan kelebihan masing-masing, berikut pilihannya :

#1 : Back Up alias Transfer Data ke Komputer, Laptop atau Mac


Cara ini adalah cara yang paling saya rekomendasikan! jika kalian memiliki akses ke Komputer, Laptop maupun Mac, silahkan backup data-data penting kalian seperti Foto dan Video ke dalam komputer melalui aplikasi iTunes atau gunakan aplikasi pihak ketiga seperti 3uTools untuk transfer data.

#2 : Back Up Foto dan Video ke iCloud

iCloud / iCloud Drive adalah server penyimpanan milik Apple, kalian di berikan gratis ruang penyimpanan sebesar 5 GB, Back Up ke iCloud berarti file Foto atau Video kalian di simpan pada server Apple. Tenang saja Apple selalu mengutamakan Privasi jadi hanya pemegang account iCloud sajalah yang dapat mengakses foto atau video kalian.

#3 : Hapus Foto, Video dan Aplikasi yang tidak di Perlukan


Cara ini adalah cara paling ampuh jika kalian tidak memiliki Akses untuk membackup ke Komputer ataupun penyimpanan pada iCloud sudah penuh, silahkan cari dan hapus foto, video atau aplikasi yang sudah lagi tidak di gunakan atau sudah tidak penting lagi.

Bonus Tambahan !

Hapus Cache / File Sampah pada perangkat iOS menggunakan Aplikasi 3uTools, caranya silahkan klik link berikut :


Baik itu dia tips dari saya untuk cara mengatasi ruang penyimpanan pada perangkat iOS iPhone, iPad dan iPod yang hampir penuh, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih!