Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone Yang Ngetik Sendiri

Sering typo saat mengetik karena layar iPhone mengetik dengan sendirinya? hal ini terjadi bukan tanpa alasan, layar iPhone yang mengetik sendiri dapat di sebabkan oleh berbagai macam faktor, dan hal ini biasanya paling sering terjadi pada iPhone dengan usia yang sudah cukup lama ( kasus paling banyak terjadi pada iPhone 6 ), jadi bagi kalian yang terkena masalah ini tenang saja ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaikinya sendiri.


Perlu di ketahui terlebih dahulu, sebenarnya layar yang mengetik sendiri bukan hanya di rasakan ketika kalian mengetik saja tetapi ketika kalian menyentuh menu-menu / navigasi lainnya kalian juga akan merasakan animasi pada layar seperti bergoyang ( tersentuh lebih dari 1 jari ), jadi bisa di luruskan lagi bahwa layar kalian mengalami ghost touch / tersentuh sendiri secara keseluruhan bukan hanya saat mengetik saja.


Untuk memperbaikinya silahkan kalian simak penyebab dan ikuti cara yang akan saya berikan berikut ini :

#1 : Layar Basah, Berminyak dan Kotor

Hal sepele ini kadang sering di hiraukan, jika layar kalian basah, berminyak atau kotor ( banyak menempel kotoran ) pastikan kalian membersihkannya dulu menggunakan kain halus sampai bersih dan kering, jika sudah silahkan coba kembali mengetiknya.

#2 : Bug pada Aplikasi

Bug / Kesalahan / Error pada aplikasi juga bisa menyebabkan layar iPhone ngetik sendiri, silahkan Restart iPhone kalian kemudian coba kembali.

#3 : Reset Pengaturan

Jika setelah restart tidak berhasil juga silahkan " Atur Ulang Pengaturan " pada iPhone, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

#4 : Update ke iOS Terbaru

Tidak menutup kemungkinan iOS yang di rilis Apple bermasalah nah untuk mendapat perbaikannya silahkan update iOS kalian ke versi terbaru caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


#5 : Charger KW / Tidak Original


Jika layar iPhone ngetik sendiri hanya saat sedang tersambung ke casan / chargernya hal ini menandakan Charger yang kalian gunakan tidak sesuai dengan iPhonenya atau bisa di bilang tidak original, charger KW ( adaptor / kabel ) dapat menyebabkan arus daya yang masuk ke iPhone menjadi tidak stabil hal inilah yang menyebabkan kenapa layar iPhone sering mengetik sendiri.

Jika memang betul layar iPhone kalian mengetik sendiri hanya saat sedang tersambung ke charger tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain membeli charger yang original / asli.

#6 : Aksesoris / Tempered Glass Bermasalah

Jika kalian menggunakan Tempered Glass pastikan tempered glassnya tidak dalam keadaan pecah atau retak, pastikan juga case yang kalian pakai tidak sampai menyentuh bagian layar.

Belum Berhasil Juga?

Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, ada kemungkinan iPhone kalian mengalami masalah yang cukup serius, seperti :


#7 : Layar Rusak / Bermasalah

Jika semua cara di atas sudah di lakukan tidak ada satupun cara yang berhasil biasanya penyebabnya datang dari layar iPhone itu sendiri, layar iPhone yang mengalami kerusakan akan menunjukan gejala-gejala Aneh seperti Layar tersentuh sendiri ( termasuk saat sedang mengetik ) dan gejala tersebut biasanyahilang kadang muncul kembali.

#8 : Baterai Rusak / Bocor

Baterai iPhone yang rusak, bocor atau sudah termakan usia biasanya akan menunjukan gejala-gejala aneh termasuk layar yang mengetik sendiri hal ini di karenakan baterai sudah tidak sanggup memberikan kebutuhan daya yang di butuhkan oleh iPhone.

Untuk cara ke #7 dan ke #8 tidak ada cara lain untuk memperbaikinya selain mengganti part yang rusak, silahkan bawa ke tempat service iPhone resmi ( authorized ) atau tempat service smartphone kepercayaan kalian untuk di cek penyebabnya dan jika masih dalam masa garansi silahkan di konsultasikan ke tempat kalian membeli iPhone untuk di garansikan.

Baik itu saja cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki layar iPhone yang suka ngetik sendiri, semoga artikel di atas dapat membantu iPhone kalian menjadi normal kembali.

Jangan lupa cek juga artikel menarik lainnya dan follow akun Twitter saya di @Pukeva, Terima Kasih!