Cara Terbaru Memperbaiki Sinyal Tiada Layanan Pada iPhone


Pada postingan kali ini saya akan membahas cara memperbaiki sinyal Tiada Layanan atau No Service pada iPhone apapun dengan iOS manapun termasuk yang terbaru, tentu saja masalah hilangnya sinyal layanan ini adalah masalah yang sangatlah serius dan dapat di sebabkan oleh berbagai macam faktor.


Hal serupa juga pernah terjadi pada iPhone saya yang pada akhirnya di ketahui bahwa penyebabnya adalah kartu SIM saya sudah tidak aktif lagi karena lama tidak diisi pulsa :P (keseringan pakai wifi jadi saya airplane terus).

Nah untuk kalian yang mengalami masalah yang serupa pada postingan ini saya akan membahas bagaimana dan apa yang harus kalian lakukan untuk meperbaiki masalah Tiada Layanan atau No Signal pada iPhone sampai bisa di tarik kesimpulan apa penyebab sebenarnya, kalau begitu langsung saja :

#1 : Pastikan Kualitas Sinyal

Jangan langsung menyalahkan iPhone ketika terjadi masalah Tiada Layanan / No Signal, coba cek dulu kualitas jaringan di daerah kalian atau coba cek hp lainnya dengan provider yang sama.

#2 : Nyalakan Airplane Mode

Hal wajib pertama yang harus kalian lakukan ketika ada masalah dengan sinyal adalah nyalakan Airplane Mode tunggu beberapa saat kemudian silahkan matikan.

#3 : Restart iPhone

Hal ini adalah langkah awal yang dapat kalian lakukan, silahkan matikan iPhone kalian untuk beberapa saat kemudian silahkan nyalakan kembali.

#4 : Keluarkan Sim Card dan Masukkan Lagi

Ini juga merupakan langkah simple yang mungkin dapat memperbaiki masalah kalian, jika berhasil berarti Simcard kalian kendur atau kotor.

#5 : Coba Sim Card pada Hp lain

Bagi yang punya akses ke hp lainnya coba pindahkan sim card iPhone kalian ke hp lain, jika menunjukan status yang sama berarti masalahnya terdapat pada sim card tersebut bukan dari iPhone, tetapi jika ternyata bisa di hp lain silahkan lanjutkan cara di bawah.

#6 : Ganti Sim Card Baru

Nah jika langkah #5 di atas sudah di lakukan dan tidak berhasil, coba gunakan Sim Card baru lainnya, bisa saja nomor kalian yang lama bermasalah.

#7 : Matikan Bantuan Wi-Fi

Pada beberapa versi iOS tertentu fitur ini dapat menggangu jaringan seluler, silahkan coba matikan fitur ini pada Pengaturan > Seluler > Bantuan Wi-Fi

#8 : Reset Pengaturan Jaringan

Caranya mudah silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan


#9 : Update ke iOS Terbaru

Silahkan update ke iOS terbaru, kemungkinan ada bug serius yang terjadi pada iOS yang kalian gunakan sekarang, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak

Bagaimana Bisa? Jika belum juga...

Jika cara-cara di atas masih belum membuahkan hasil ada beberapa kemungkinan besar yang terjadi :

> iPhone kalian mengalami masalah pada Hardware

Semua cara di atas sudah kalian lakukan tetapi tidak satupun yang work? kemungkinan iPhone kalianlah yang bermasalah, bukan dari segi software melainkan hardware alias ada komponen yang bermasalah, tidak ada cara lain selain bawa ke service center iPhone terpercaya untuk di cek kerusakannya.

> iPhone kalian berasal dari Luar Negeri dan Terikat pada Operator Tertentu

Jika masalah tersebut datang ketika pertama kali memasukan sim card baru dengan provider berbeda apalagi iPhone yang di bawa dari luar negri, maka kemungkinan besar iPhone yang kalian gunakan terikat kontrak dengan operator tetentu. Coba masukkan sim card awal saat pembelian iPhone ( bundle operator ).

Oke itu saja cara-cara memperbaiki iPhone Tiada Layanan / No Service pada iPhone, semoga masalah kalian teratasi, jika ada pertanyaan seputar postingan ini jangan ragu untuk tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih!