Apakah Data iPhone yang Sudah Dihapus Bisa Dikembalikan Orang Lain?

Dalam beberapa kasus misalnya kalian baru saja menjual perangkat iPhone kalian kemudian meragukan apakah data-data sensitif kalian dapat di kembalikan / recover oleh orang yang tidak bertanggung jawab walaupun data tersebut sudah kalian hapus?


Kekhawatiran itu wajar saja apalagi data-data di iPhone kalian sangatlah penting, bahkan walaupun sudah di hapus tetap menimbulkan kekhawatiran apakah data tersebut masih bisa di recover oleh orang lain.

Oh ya biar tidak khawatir saya berikan jawaban langsungnya saja ya.. dan jawaban sederhananya adalah Tidak Bisa!!!

Data pada iPhone yang sudah kalian hapus apalagi sudah direset pengaturan pabrik (hapus konten & pengaturan) tentu saja tidak bisa sama sekali direcover, kecuali iPhone tersebut masih tersambung ke account Apple ID kalian yang menyimpan data-data penting yang dibackup ke layanan iCloud atau ke iTunes tempat kalian membackup data.

Jadi intinya data pada iPhone yang sudah dihapus permanen mau itu Musik, Foto, Video, Kontak, Catatan, Aplikasi dan lain sebagainya tidak bisa direcovery, jadi tidak perlu khawatir.



iPhone, iPad dan iPod milik Apple tidak sama dengan beberapa smartphone Android yang rentan dengan aplikasi seperti Disk Diggernya yang mampu mencari file-file yang sudah dihapus, di iOS iPhone semua file kalian terenkripsi oleh sistem dan hardware yang sangat canggih asalkan sebelumnya kalian sudah memasang password, sederhananya ketika file dalam iPhone tersebut dihapus (Hapus Semua Data) maka file tersebut telah teracak oleh Enkripsi sehingga sudah tidak berbentuk lagi dan hilang begitu saja.

Jangankan mengembalikan file yang sudah dihapus (terenkripsi pula), masih ingat kasus tahun 2016 lalu? di mana sekelas FBI saja sampai berbulan-bulan sangat kesulitan membobol password iPhone 5C milik salah seorang terduga teroris, walaupun berakhir dengan bobol juga FBI harus mengeluarkan uang hingga belasan miliyar yang diduga untuk menyewa jasa perusahaan keamanan asal Israel, Cellebrate.


Nah setelah kejadian tersebut Apple berjanji akan lebih jauh lagi untuk memperkuat keamanan perangkatnya pada iOS terbaru, bahkan iPhone terbaru Apple sekarang sudah ditambahkan banyak sekali fitur Enkripsi berbasis Hardware yang sangat canggih dan hampir mustahil untuk dibobol.

Jadi apabila iPhone kalian ingin dijual atau diserahkan ke orang lain pastikan iPhone kalian dipasang password terlebih dahulu kemudian gunakan fitur Hapus Semua Data yang berada pada Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan.

Mau tau lebih lanjut tentang sistem keamanan dari perangkat iPhone, iPad dan iPod? silakan baca artikel keamanan yang dipublish oleh Apple melalui link berikut: