Berapa Lama Garansi Internasional iPhone? Pengalaman

Untuk peminat dan pembeli produk Apple khususnya iPhone di Indonesia kalian akan mendapatkan dua jenis garansi, yang pertama ada garansi Distributor dan kedua garansi Internasional, saya tidak setuju kalau ada yang menyebut garansi resmi karena Apple sendiri tidak membuka Storenya secara resmi di Indonesia, jadi khusus untuk garansi Internasional iPhone yang bermasalah dan masih dalam masa garansi akan di bantu oleh Penjual untuk di garansikan ke luar negri tempat si penjual membeli iPhone tersebut.

Sekedar tambahan saja kalau iPhone garansi distributor biasanya tidak di garansikan secara internasional karena memang tidak baru ( hasil rekondisi / di perbaiki sendiri ) dan tentu saja masa garansinya sudah tidak berlaku.


Nah yang akan kita bahas kali ini adalah Berapa Lama Garansi Internasional pada iPhone sebelum kembali ke tangan kalian?

Berdasarkan pengalaman saya menggaransikan iPhone yang memiliki garansi Internasional jawabannya adalah mimpi buruk! kenapa begitu? Prosesnya yang lama dan panjang akan membuat kalian menyesal kenapa tidak membeli Smartphone resmi di Indonesia saja hehe..

Oke pengalaman saya ini ketika menggaransikan iPhone 7 Plus saya yang tiba-tiba mati total dan tidak mau menyala sama sekali ( sudah coba berbagai macam cara tidak juga menyala ) dan akhirnya ketika saya membawa ke si penjual iPhone tersebut ia mengatakan bahwa iPhone saya kemungkinan mengalami kerusakan pada mesin dan harus di garansikan ke Apple mumpung masih dalam masa garansi.

Garansi Berbulan-Bulan

Dan yang saya kaget ketika si penjual mengatakan bahwa untuk menggaransikan iPhone di butuhkan setidaknya 1 sampai 3 bulan! hal ini di karenakan iPhone tersebut akan di kirimkan ke Apple di singapura.

Singkat cerita saya akhirnya beli android murah meriah yang penting bisa pakai buat browsing dan nonton YouTube :P

Akhirnya 1 bulan berlalu dan iPhone saya masih belum ada kabar, saya tidak bisa komplain terlalu banyak karena penjual memang memberikan estimasi maksimal sekitar 3 bulanan, Fine!

Setelah 2 bulan belum ada kabar juga......

Memasuki bulan ke 3 juga belum ada kabar! w*f! sampai disini saya sempat ragu kenapa lama sekali, dan akhirnya memasuki tepat 3 bulan semenjak iPhone saya di serahkan untuk di garansikan belum juga ada kabar.

Lalu dengan kecewa saya menanyakan ke si penjual kenapa iPhone saya tidak kunjung kembali ke tangan saya? dan jawabannya mengejutkan bahwa iPhone saya masih dalam proses pengiriman dari Singapura ke Indonesia dan memberikan estimasi tambahan 1 bulan lagi.

Dengan berat hati saya harus menunggu kembali dan akhirnya waktu yang saya tunggu-tunggu tiba! pada pertengahan bulan ke 4 setelah iPhone saya di serahkan untuk di garansikan, iPhone saya tiba dengan dus putih polos ke tangan saya.

Jadi total penggaransian iPhone saya memakan waktu sekitar 3 bulan 14 hari.

Setelah di cek iPhone saya memang benar hasil dari unit pergantian Apple karena berdasarkan nomor model yang saya cek di awali dengan huruf N yang menandakan unit replacement / pengganti dari Apple.

Disini saya tidak mengeluarkan biaya apapun untuk garansi hanya ongkos kurir dari si penjualnya saja.

Kenapa Bisa Lama?


Sampai disini bisa kita simpulkan bahwa memang garansi Internasional iPhone di Indonesia cenderung lama bahkan sangat lama, ada kemungkinan :

  • Proses pengirimannya yang berlarut-larut karena nunggu Antrian penuh baru kirim.
  • Tertahan di Bea dan Cukai
  • Tidak di prioritaskan
  • Pengiriman dari Indonesia ke Singapura dan sebaliknya yang lama

dan lain-lain

Jadi itu saja pengalaman yang bisa saya bagikan ke kalian tentang betapa lamanya garansi iPhone Internasional itu, saya harap mungkin keadaan yang kalian dapati berbeda dari saya, dari hasil searching sih banyak yang membagikan pengalamannya ada yang datang 1 bulan ada yang 2 bulan dan lain-lain..

Semua tergantung situasi, kondisi dan hoki-hokian hehe.. so far setelah 2 tahunan berlalu iPhone 7 Plus saya hingga saat ini masih sehat, hanya saja baterainya yang mulai menurun kualitasnya.

Oke sekian dulu pengalaman yang bisa saya bagikan, jika ada yang ingin di sampaikan atau tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!