Cara Memperbaiki Kamera iPhone Tidak Bisa Fokus Jarak Dekat / Jauh

Jika kamera pada iPhone kalian tidak bisa fokus atau tiba-tiba saja tidak mau fokus pada jarak tertentu ( jauh atau dekat ) tentu saja akan membuat hasil pada gambar menjadi blur dan atau tidak sesuai keinginan, masalah fokus pada kamera iPhone dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari software iOS yang bermasalah sampai masalah teknis.


Kali ini saya akan membagikan tips cara memperbaiki kamera yang tidak mau atau tidak bisa fokus untuk jarak jauh ataupun dekat ( sama saja ), kalau begitu langsung saja berikut cara mengatasinya :


1. Bersihkan Lensa Kamera

Lensa Kamera iPhone yang kotor dapat menyebabkan kamera tidak fokus karena terhalang partikel-partikel kotoran contohnya saja debu, bekas sentuhan jari atau bahan-bahan yang menutupi kamera lainnya, silakan bersihkan lensa kamera iPhone kalian dengan kain yang halus.

2. Tutup kemudian Buka kembali

Cara ini sangat simple, jika kalian sudah memastikan lensa kamera pada iPhone kalian sudah bersih silakan tutup aplikasi kamera dan buka kembali.

3. Jarak Fokus Terlalu Dekat


Jika kalian mengambil foto dengan jarak yang cukup dekat tentu saja kamera pada iPhone akan tidak fokus apalagi jika menggunakan mode Potret, silakan jauhkan sedikit dan gunakan fitur Zoom untuk memperbesar gambar ketimbang harus mendekatkan kamera.

4. Tekan dan Tahan Objek pada Layar


Caranya cukup mudah, jika kalian sudah menemukan objek yang ingin difoto tapi hasilnya malah tidak fokus silakan tekan dan tahan objek yang ditampilkan pada layar kamera hingga muncul tampilan kotak kuning dan bacaan Kunci AE/AF, contohnya bisa kalian lihat gambar di atas.


5. Kekurangan Cahaya


Hal ini biasanya terjadi jika kalian menggunakan mode Potret, mode ini sendiri membutuhkan banyak cahaya agar dapat melakukan fokus dengan baik, pastikan kalian berada pada tempat dengan penerangan yang lebih baik atau silakan jauhkan sedikit sehingga mendapat lebih banyak cahaya.

6. Tertutup Jari / Case

Nah kasus ini sering terjadi ( bahkan saya pernah mengalaminya ) pastikan tidak ada objek lain di depan kamera termasuk jari ( kuku jari ) yang biasanya sedikit menghalangi jarak pandang kamera.

7. Restart iPhone

Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil langkah praktis yang kalian bisa lakukan selanjutnya adalah dengan merestart iPhone kalian ( matikan kemudian nyalakan kembali ).

8. Pelindung / Tempered Pada Lensa

Jika kalian memasang tempered atau pelindung lensa kamera pastikan tempered tersebut dalam keadaan bagus dan tidak baret / retak, jika iya silakan lepas tempered tersebut karena dapat mengganggu fokus kamera.

9. Update Software iOS

Bisa saja permasalahan ini datang dari iOS yang bug, untuk mengatasinya kalian bisa mencoba melakukan update iOS caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

10. Bawa ke Service Center Apple di Indonesia

Jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil dan kamera kalian tetap dalam keadaan blur sepanjang waktu (mau dekat / jauh), kemungkinan lensa pada iPhone kalian kotor dari dalam atau kamera pada iPhone yang memang bermasalah. Untuk lebih pastinya silakan bawa iPhoone kalian ke service center authorized Apple di Indonesia atau ke tempat reparasi smartphone yang dapat kalian percaya, untuk dicek lebih lanjut penyebabnya.

Baik sekian dulu tips dan cara memperbaiki kamera iPhone yang tidak mau fokus, jika ada pertanyaan atau ada yang ingin disampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!