Cara Mengatasi iPhone Yang Tidak Bisa Screenshot / Tidak Merespon

Screenshot adalah hal terpenting bagi para pengguna Smartphone termasuk iPhone saat ini, kita bisa mengabadikan momen tertentu dengan hanya mengambil screenshot pada layar, meskipun begitu melakukan screenshot tidak selalu berjalan mulus, terkadang iPhone kalian bisa saja mengalami kendala seperti tombol iPhone yang tiba-tiba tidak merespon saat kalian mencoba untuk melakukan Screenshot.


Baik untuk memperbaiki masalah ini kalian dapat mencoba cara-cara berikut ini :

#1 : Pastikan Tombol Berfungsi

Silahkan test apakah tombol iPhone kalian berfungsi dengan baik misalnya fungsi tombol Lock / Power, Home dan Volume Atas, jika berfungsi dengan baik silahkan lanjutkan cara di bawah.

#2 : Cek Foto / Galeri

Bisa saja terjadi bug / kesalahan yang menyebabkan hasil priview / tinjauan yang biasanya muncul setelah screenshot menghilang, silahkan cek dulu apakah screenshot kalian sudah terambil atau belum pada galeri / foto.

#3 : Gunakan Assitive Touch


Jika kalian tidak ingin melewatkan momen tertentu pada layar dan tiba-tiba kalian tidak bisa Screenshot langkah pertama yang bisa kalian coba adalah dengan menggunakan Assitive Touch, untuk menyalakannya silahkan masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Assitive Touch kemudian nyalakan, setelah itu buka assitive touch dan pilih Perangkat > Lainnya > Jepretan Layar / Screenshot.

#4 : Restart

Tidak ada cara lain jika iPhone kalian memang sudah tidak sama sekali merespon saat ingin melakukan Screenshot silahkan restart iPhone kalian ( matikan kemudian hidupkan kembali ), jika tombol power tidak merespon silahkan gunakan cara Force Restart / Restart Paksa, caranya :

iPhone 5S, 6, 6S, SE dan iPad

> Tekan dan Tahan tombol Power bersama dengan tombol Home secara bersamaan sekitar 10 - 15 detik sampai muncul logo Apple.

Khusus seri iPhone 7

> Tekan dan Tahan tombol Power bersama dengan tombol Volume Bawah secara bersamaan sekitar 10 - 15 detik sampai muncul logo Apple.

iPhone 8, X, XS, XS Max, Xr, 11, 11 Pro, 11 Pro Max dan iPad Pro

> Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
> Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
> Sekarang tekan dan tahan tombol Power sampai sekitar 10 - 15 detik hingga muncul logo Apple

#5 : Update ke iOS Terbaru

Biasanya setelah restart / force restart di atas fungsi Screenshot 95% seharusnya sudah bisa kembali berfungsi, tetapi dalam kasus terburuknya jika screenshot tidak bisa juga di lakukan setelah restart silahkan update iOS kalian ke versi terbaru, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan perangkat Lunak.

#6 : Reset Pengaturan


Hal ini akan megembalikan pengaturan iPhone kalian ke pengaturan pabrik ( tanpa menghapus data ), caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

#7: Bawa ke Service Center Apple ( authorized )

Jika tidak bisa juga silahkan bawa iPhone kalian ke service center Apple yang sudah authorized di Indonesia atau ke tempat service smartphone yang kalian percaya untuk cari tahu apa penyebabnya.

Dengan cara-cara di atas seharusnya fungsi Screenshot di iPhone kalian sudah bisa kembali seperti semula, sekian dulu postingan saya kali ini jika ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!