Cara Memunculkan Personal Hotspot yang Menghilang / Tidak Ada di iPhone

Bingung kenapa Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi tidak ada pada menu pengaturan di iPhone? tenang saja sebenarnya menu Personal Hotspot tersebut ada tetapi hanya belum di atur, biasanya masalah ini di hadapi bagi kalian yang baru saja menggunakan iPhone, baru mereset pengaturan jaringan pada iPhone, mengupdate ke iOS terbaru atau baru mengganti operator SIM card kalian.


Untuk memunculkan Personal Hotspot / Hotspot Pribadi yang tidak ada di pengaturan iPhone caranya sangatlah mudah, disini kalian harus mengisi konfigurasi menu " Jaringan Data Seluler " dengan data APN sesuai dengan operator yang kalian gunakan, berikut caranya :

#1 : Silahkan masuk ke Pengaturan > Seluler > Jaringan Data Seluler / Celullar Data Network

#2 : Sekarang silahkan isi seluruh kolom menu APN dengan data APN dari operator jaringan yang kalian gunakan, contohnya disini saya menggunakan operator dari Telkomsel jadi saya akan mengisi seluruh kolom APN dengan kata kunci : telkomsel untuk menu seperti username dan password tidak perlu diisi.


#3 : Berikut adalah data lengkap APN dari masing-masing operator, silahkan isi di sesuaikan dengan operator yang kalian gunakan :

  • Operator Telkomsel = telkomsel
  • Operator 3 ( three ) = 3gprs
  • Operator XL = xlunlimited
  • Operator Axis = axis
  • Operator Indosat = indosatgprs

#4 : Setelah semua kolom APN pada menu Jaringan Data Seluler / Celullar Data Network tadi kalian isi silahkan keluar atau tutup menu pengaturan kemudian buka kembali dan lihat hasilnya, pastikan data seluler kalian dalam keadaan menyala ya..

Catatan : Jika tidak bisa juga silahkan tanyakan operator kalian masing-masing data / nama APN apa yang harus kalian gunakan.

Bagaimana berhasil? sekian dulu postingan kali ini, jika ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!