Tips Merawat Kabel Charger iPhone Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Pada pembahasan kali ini saya akan fokus dengan kabel Charger bawaan iPhone saja, karena banyak orang sering mengeluhkan bahwa kabel Charger iPhone itu mudah sekali rusak, saya sendiripun pernah merasakannya di mana dalam waktu kurang lebih sekitar 1 tahun saya telah menghabiskan 4 - 5 kabel charger Original iPhone dengan kerusakan bermacam-macam mulai dari susah ngecharge jadi harus di goyang-goyang atau di posisikan dulu, tidak mau ngecharge sama sekali sampai muncul peringatan bahwa aksesoris tidak di dukung.


Ternyata oh ternyata yang menyebabkan kabel Charger saya tidak awet ya karena kesalahan saya sendiri selama pemakaian, saya akui saya tidak terlalu memperdulikan perawatan kabel Charger tersebut. Sampai akhirnya saya menggunakan beberapa tips di bawah ini dan hasilnya kabel charger iPhone saya sudah hampir 2 tahun masih awet-awet saja ( btw kabel chargernya masih yang bawaan waktu pertama beli iPhone ).

Langsung saja simak tips dan cara merawat kabel iPhone agar awet sampe Tahunan.. :

#1 : Gunakan Kabel Original

Hal yang ini wajib ya.. pastikan kalian menggunakan kabel charger yang original atau asli dari Apple, karena kualitas kabel Original dari Apple sudah di pastikan lebih baik dan lebih kompatibel di bandingkan kabel charger yang tidak original.

#2 : Jangan Sampai Tertarik

Arti tertarik di sini adalah jangan sampai ketika iPhone sedang di charge dan sambil kalian mainkan kemudian kalian tarik-tarik sampai mentok kabelnya, nah hal inilah yang dapat menyebabkan kabel charger dapat terlepas dari komponen ujungnya yang menyebabkan kabel tidak lagi berfungsi dengan baik.

#3 : Jangan di Tekuk

Ini juga penting jangan pernah menekuk kabel Charger pada iPhone karena hal ini dapat menyebabkan serabut-serabut tembaga yang ada di dalam kabel charger tersebut putus, kalau sudah putus bisa di pastikan kabel charger kalian tidak akan berfungsi lagi.

#4 : Gulung Sehabis di Pakai

Trik menggulung kabel yang benar adalah dengan di gulung membentuk lingkaran atau angka 8, pastikan jangan sampai ada bagian yang tertekuk.

#5 : Gunakan Pelindung Kabel Charger

Pelindung kabel charger membantu kalian dalam menjaga ujung pada kabel agar tidak mudah rusak bentuknya mirip dengan per atau spring yang nantinya akan membungkus kabel charger kalian, hal ini akan membantu melindungi kabel agar tidak mudah putus ataupun terkelupas, pelindung kabel charger banyak di jual di toko online dengan harga yang cukup terjangkau.

Jika kalian merupakan salah satu orang yang terlalu sibuk untuk mengurus kabel charger kalian bisa menggunakan Alternatif lainnya seperti Wireless Charger dengan catatan jika iPhone kalian mendukung ya..

Baik sekian tips dari saya jika ada yang ingin di tambahkan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Teriam Kasih!