Cara Mengatasi Fingerprint Dalam Layar Tidak Berfungsi dengan Baik / Error

Fitur keamanan 'Fingerprint dalam Layar' atau in-display-fingerprint merupakan suatu terobosan teknologi keamanan terbaru yang mengubah tampilan keseluruhan dari Smartphone itu sendiri menjadi lebih simple tetapi kaya akan fitur, walaupun begitu fitur keamanan ini masih memiliki keterbatasannya sendiri, setidaknya sampai sekarang bisa di katakan hampir seluruh fingerprint yang tertanam dalam layar masih kurang cepat, efektif dan responsif di bandingkan dengan fingerprint yang terpisah dari layar.


Dalam beberapa kasus tertentu tidak sedikit pengguna Smartphone dengan 'Fingerprint dalam Layar' yang mengalami masalah seperti Fingerprint sulit mendeteksi, terkadang error atau tidak mau membaca dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Messages for web dari Android ke PC

Jika kalian adalah salah satu pengguna yang mengalami masalah-masalah seperti yang saya sebutkan tadi, kalian bisa ikuti tips dan trik berikut untuk mengatasinya :

Bersihkan Layar

Karena fingerprint dalam  layar menggunakan pembacaan sidik jari yang di refleksikan melalui cahaya pada panel layar maka sangat penting untuk menjaga kebersihan layar terutama di bagian fingerprintnya, hal ini guna membuat pembacaan terhadap sidik jari kalian tidak terganggu kotoran atau bercak-bercak yang menempel pada layar khususnya pada bagian fingerprint.

Sedikit di Tekan Halus


Beberapa fingerprint dalam layar kesulitan membaca sidik jari yang terlalu jauh jadi silahkan letakkan jari kalian ke layar sepenuhnya dengan agak di tekan halus.

Cek Pelindung Layar / Tempered

Tempered Glass / Pelindung layar yang terlalu tebal bahkan buram dapat mengganggu proses pembacaan sidik jari dalam layar, saran saya jika memang Fingerprint dalam layar kalian sering bermasalah dan sulit membaca sidik jari silahkan coba copot pelindung layarnya dan coba kembali.

Daftarkan Ulang Sidik Jari

Cara ini mungkin berlaku bagi yang fingerprint dalam layarnya sulit mendeteksi, pertama silahkan hapus dulu data fingerprint lama kalian kemudian bersihkan layar hingga benar-benar bersih setelah itu lakukan pendaftaran sidik jari ulang.

Restart Smartphone

Beberapa masalah yang menyebabkan fingerprint sulit membaca kemungkinan bisa juga di sebabkan oleh Bug pada OS, jadi silahkan restart smartphone kalian dan coba kembali.

Tips Lainnya...


  • Pastikan kalian meletakkan seluruh permukaan jari kalian pada sensor fingerprint
  • Pastikan layar tidak dalam keadaan basah, kotor atau terdapat bercak
  • Lakukan update OS juga dapat membantu mengatasi masalah
  • Jika Tempered Glass / Pelindung Layar retak atau pecah silahkan di ganti karena dapat mengganggu sensor
  • Beri jeda beberapa detik sebelum mencoba ulang

Ya itu saja tips dan cara yang bisa saya bagikan, memang banyak keuntungan yang bisa di dapatkan dari Fingerprint dalam Layar seperti mudah untuk di jangkau, membuat tampilan smartphone lebih bersih dan lain sebagainya.


Jika kalian punya tips lainnya boleh di share ya di kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Split Screen di Android Stock / One ( Google Pixel, BlackShark, Nokia )