Cara Mengatasi Layar iPad Tidak Responsif / Tidak Bisa Digeser

Beberapa pengguna iPad termasuk iPad, iPad Pro, iPad Mini dan iPad Air mengeluhkan bahwa layar pada iPad mereka terkadang tidak responsif apalagi saat sedang mengetik, banyak huruf yang salah terinput, bahkan navigasi layarnya pun sulit digeser (dalam beberapa kasus layar tidak merespon saat disentuh).


Masalah tersebut bisa disebabkan banyak faktor, bisa karena bug, faktor eksternal dan lain sebagainya, untuk memperbaikinya kalian bisa mengikuti tips dan cara berikut ini :

Baca Juga : Cara Menggunakan / Download WhatsApp Web di iPad - iPadOS 13.1

Bersihkan Layar iPad

Layar iPad jika kotor apalagi basah (terkena cairan seperti minyak) dapat menjadi penyebab kenapa layar tidak responsif, karena kotoran pada layar dapat dikira oleh iPad merupakan sebuah sentuhan jari kalian sehingga layar menjadi ngaco dan tidak responsif.

Restart iPad

Silakan restart iPad kalian dengan cara dimatikan kemudian nyalakan kembali, kalian juga dapat menggunakan metode restart paksa (force restart) caranya seperti berikut :

(iPad Tanpa Tombol Home) : Tekan dan Lepas tombol Volume Atas > Tekan dan Lepas tombol Volume Bawah > Tekan Tombol Power hingga muncul logo Apple.

(iPad dengan Tombol Home) : Tekan dan Tahan tombol Home beserta Tombol Power secara bersamaan hingga muncul logo Apple.

Lepas Case atau Tempered

Jika kalian menggunakan Case silakan dilepas terlebih dahulu dan coba kembali apakah layar sudah kembali responsif atau belum, cek juga tempered glass / pelindung layar yang digunakan pada iPad apakah dalam keadaan bagus, retak atau tidak, jika iya coba juga gunakan iPad tanpa pelindung layar.

Update iOS / iPadOS

Jika cara di atas belum juga membuahkan hasil silakan update pembaruan perangkat lunak iOS / iPadOS kalian ke versi paling baru.

Matikan Fitur Tap To wake / Ketuk-Bangun

Beberapa pengguna iPad lainnya mengatakan bahwa dengan mematikan fitur Tap to Wake / Ketuk-Bangun akan memperbaiki masalah layar tidak responsif, jika berhasil kemungkinan masalah ini disebabkan oleh bug pada iOS / iPadOS.

Nyalakan / Matikan Fitur Akomodasi Sentuh

Salah seorang pengguna iPad Pro pada forum diskusi Apple menemukan bahwa dengan menyalakan fitur akomodasi sentuh kemudian mematikannya kembali dapat memperbaiki layar iPad Pro yang kurang responsif, jadi cara ini patut kalian coba, caranya masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Akomodasi Sentuh, silakan nyalakan kemudian matikan kembali, jika dalam keadaan menyala coba dimatikan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Tanggal Produksi dan Pabrikan iPhone / iPad Kalian

Pastikan Charger Tidak Bermasalah

Jika layar iPad tidak responsif saat sedang dicas saja, pastikan charger yang kalian gunakan dalam keadaan normal dan asli standar dari Apple.

Pastikan Ruang Kosong Masih Tersisa

Ruang Penyimpanan yang penuh dapat menyebabkan banyak masalah pada iPad, dan ada kemungkinan sentuhan pada iPad ikut berpengaruh, jika memang penyimpanan pada iPad kalian sudah sangat penuh disarankan untuk membackup data tersebut kemudian menyisakan ruang kosong pada iPad.

Reset Pengaturan iPad

Dengan mereset pengaturan pada iPad kalian seluruh pengaturan akan kembali pada pengaturan pabrik dan password wifi yang tersimpan akan hilang, cara ini patut dicoba, caranya silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Jika Menggunakan Apple Pencil

Silakan cabut Apple pencil dari iPad kemudian coba kembali.

Jika Hanya Pada Aplikasi Tertentu

Apabila masalah ini hanya terjadi pada aplikasi tertentu saja hal ini menandakan tidak ada yang salah dengan iPad kalian, yang salah adalah aplikasi tersebut jadi disarankan untuk menghapus aplikasi tersebut kemudian install lagi, jika masih tetap bermasalah yang bisa kalian lakukan adalah menunggu dan berharap developer aplikasi tersebut mengupdate aplikasinya untuk memperbaiki masalah yang kalian alami.

Pastikan Layar iPad Tidak Retak / Pecah

Jika layar iPad kalian pecah atau retak walaupun sedikit tentu saja hal tersebut akan berpengaruh pada sentuhan secara keseluruhan pada iPad, jika hal ini terjadi silakan bawa ke tempat reparasi perangkat Apple yang sudah Authorized atau yang bisa kalian percayai.

Bagaimana apa ada salah satu cara dan tips di atas yang memperbaiki masalah kalian? untuk saat ini itu saja cara dan tips yang bisa saya bagikan jika ada dari kalian yang pernah mengalaminya dan punya trik untuk mengatasinya boleh dong dibagikan melalui kolom komentar di bawah :)

Baca Juga : Selena Gomez Rilis Video Musik yang di Buat Menggunakan iPhone 11 Pro