Cara Mengatur Skip / Next, Play, Stop, Pause Lagu di AirPods Apple

AirPods merupakan earphone buatan Apple yang di bekali dengan fitur sensor Gestur, kalian dapat memanfaatkannya untuk fitur cepat seperti melewati lagu ( next ), kembali, pause, stop sampai dengan mengaktifkan siri, dengan fitur ini tidak perlu repot-repot lagi membuka iPhone kalian.


Secara bawaan fungsi tap dua kali pada sensor AirPods ( gen-2 ) adalah untuk memutar lagu ataupun skip ke lagu selanjutnya, sedangkan untuk AirPods ( gen-1 ) tap dua kali akan berfungsi untuk membangunkan Siri.


Namun untuk pengguna AirPods Pro sudah terdapat fungsi gestur bawaan misalnya saja :

> Menjeda atau Melanjutkan Audio / Lagu - Tap dan Tekan pada Force Sensor 
> Skip / Melawati Lagu ke Depan - Tap dua kali pada Force Sensor
> Skip / Melawati Lagu ke Belakang - Tap tiga kali pada Force Sensor
> Untuk membesarkan atau mengecilkan Volume kalia bisa memanfaatkan Siri dengan mengatakan " Hey, Siri, Turn down / up the Volume "



Dan bagi pengguna AirPods gen-1, gen-2 ataupun AirPods Pro yang ingin mengganti fungsi gestur tap pada AirPods misalnya saja tap dua kali untuk menjeda dan lain sebagainya, kalian dapat melakukannya dengan mudah melalui pengaturan pada iPhone, kalau begitu langsung saja berikut caranya.

Mengatur Sendiri Fungsi Gestur Pada AirPods dan AirPods Pro

#1 : Pertama sambungkan dulu AirPods kalian ke dalam iPhone

#2 : Jika sudah tersambung pada menu Pengaturan > Bluetooth dalam iPhone, silahkan tap ikon lingkaran dengan tanda ( i ) di samping menu nama AirPods yang kalian gunakan

#3 : Selanjutnya pada bagian menu " KETUK AIRPOD DUA KALI " silahkan ganti fungsi gestur yang kalian inginkan

  • Misalnya untuk AirPod Left / Kiri ingin di fungsikan untuk mengganti ke lagu selanjutnya pilih - Next Track
  • Sedangkan yang AirPod Right / Kanan ingin di fungsikan sebagai penghenti lagu pilih - Play / Pause

Silahkan di sesuaikan sendiri dengan keinginan kalian, jika sudah sekarang test fungsinya dengan memutar musik dan sentuh atau tap dua kali pada bagian sensor AirPods atau AirPods Pro.

Bagaimana mudah bukan? fitur ini sangat berguna bagi yang tidak mau repot-repot mengeluarkan iPhone dari dalam tas atau kantong celananya hanya untuk menghentikan atau memutar lagu sebelum dan selanjutnya, untuk fungsi-fungsi pintasan gestur lainnya bisa kalian sesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan masing-masing pada menu yang sudah saya jelaskan tadi.