Tips Memilih Hp / Smartphone Android Untuk Menjalankan Games Emulator Berat

Emulator merupakan jenis aplikasi yang di gunakan untuk menjalankan sistem platform tertentu di luar sistem yang di pakai, contohnya saja aplikasi emulator PPSSPP di Android yang berfungsi untuk menjalankan berbagai macam game dari konsol PlayStation Portable / PSP atau aplikasi emulator Dolphin untuk menjalankan game dari konsol Nintendo Wii dan GameCube.


Keberadaan Emulator ini sangat berguna apalagi ketika kalian ingin nostalgia memainkan game-game lama seperti misalnya Super Mario Bros ( NES ), Crash Racing Team ( PS 1 ) sampai Mario Kart ( Nintendo Wii ), semua dapat di mainkan langsung di perangkat Android.

Baca Juga : Cara Paling Ampuh Mengatasi Lag Dan Meningkatkan Performa Emulator Dolphin di Android

Untuk saat ini ada beberapa Emulator yang masih sangat berat untuk di jalankan oleh Smartphone Android, misalnya saja Emulator Dolphin ( untuk memainkan game dari nintendo Wii dan GameCube ) dan juga Emulator DamonPS2 ( untuk memainkan game dari PlayStation 2 ).

Kedua contoh emulator tersebut membutuhkan performa smartphone Android yang kencang untuk menjalankan berbagai macam game, nah buat kalian yang sedang mencari Smartphone Android yang cocok dan lancar untuk menjalankan Emulator, berikut tips memilih smartphone Android yang tepat :

Cari Smartphone High-end dengan Performa Terkencang

Tentu saja hal ini adalah hal yang paling berpengaruh, kelancaran dalam bermain emulator di Android apalagi emulator yang berat sangat di pengaruhi oleh performa perangkat, maka dari itu pilihlah perangkat dengan performa kencang, dan performa kencang ini biasanya hanya kalian dapatkan dari Smartphone Android kelas High-End atau Kelas Atas saja.

Chipset Snapdragon adalah Pilihan Terbaik Saat ini

Untuk saat ini Chipset Snapdragon dengan GPU Adrenonya merupakan yang terbaik untuk menjalankan berbagai macam emulator di Android di bandingkan dengan chipset lainnya, jadi kalau bisa silahkan cari Smartphone dengan Chipset Snapdragon terkencang, misalnya saja saat ini ada Snapdragon 845, Snapdragon 855, Snapdragon 855+ dan seterusnya..

Layar Besar

Untuk yang ini bisa di sesuaikan ya.. memainkan emulator pada perangkat Android dengan layar besar tentu saja akan menambah keseruan bermain.

Support Kontroler / Controller Built-in

Memainkan emulator menggunakan layar sentuh agak susah-susah gampang, hal ini disebabkan beberapa fungsi tombol misalnya tombol R1, R2, L1, L2 pada emulator PSP sangat sulit di tekan apabila di kombinasikan dengan tombol lainnya, walaupun semua smartphone dapat di pasangkan dengan Kontroler terpisah tetapi menggunakan Smartphone dengan Kontroler bawaan ( built-in ) seperti Air Trigger milik Asus ROG Phone atau kontroler yang di desain khusus untuk smartphone Android tertentu adalah satu nilai tambah yang keren.

Baterai Besar

Sama seperti menjalankan game lainnya, menjalankan emulator sangat menguras performa perangkat, jadi peran baterai sangat penting demi kelangsungan bermain yang lama.

Baca Juga : Download Emulator Dolphin MMJ APK Versi Terbaru untuk Android

Itulah tips-tips mencari Smartphone Android dengan performa kencang yang cocok untuk memainkan Emulator-Emulator Berat saat ini, contohnya saja emulator Dolphin yang hingga sekarang masih sangat sulit di jalankan bahkan untuk sekelas Smartphone Android High-End, kalaupun bisa lancar maka kualitas grafik lah yang di korbankan.