Cara Backup / Simpan Data World Minecraft PE di Android dan iPhone

Minecraft adalah salah satu game openworld yang di mana kalian dapat menciptakan bangunan apapun sesuai dengan kreasi sendiri menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia, game ini merupakan salah satu game terpopuler di dunia, bahkan saya sendiripun sulit lepas kalau sudah memainkan game ini.


Nah supaya hasil kreasi kalian tidak hilang begitu saja setelah di buat dengan menghabiskan banyak waktu, pikiran dan tenaga, tentu saja cara terbaik adalah dengan membackup datanya.

Cara Backup Data Kreasi ( world ) Minecraft PE

Pengguna Android

Pada File Explorer / Manager silahkan buka lokasi folder Games > com.mojang > minecraftWorlds, jika sudah kalian akan melihat folder dengan nama acak, folder itulah yang merupakan data kreasi ( world ) kalian.

Karena folder di beri nama acak, untuk mengetahui nama dari data kreasi kalian caranya mudah, silahkan buka folder acak tersebut kemudian cari dan buka file " levelname.txt ", dalam file text itulah akan di tuliskan nama data world minecraft folder tersebut.


Pengguna iOS iPhone / iPad

*Update : khusus pengguna iOS iPhone dan iPad kini bisa backup data minecraft melalui iCloud, caranya silahkan baca pada postingan berikut : Cara Backup Data Minecraft PE Di iPhone & iPad ke iCloud

Untuk pengguna iOS iPhone atau iPad karena data aplikasi tidak dapat di akses langsung di dalam perangkat itu sendiri jadi disini kita membutuhkan bantuan dari PC / Mac, caranya silahkan

#1 : Sambungkan perangkat iOS kalian ke PC / Mac menggunakan kabel USB Data lalu buka aplikasi iTunes 

#2 : Seperti biasa pilih ikon perangkat kalian yang terletak di bagian ujung kiri atas

#3 : Setelah itu silahkan masuk ke menu File Sharing kemudian pilih game Minecraft

#4 : Kemudian pada menu di samping jika kosong silahkan scroll ke atas ( khusus buat pengguna laptop / mac layar kecil )

#5 : Sekarang pilih folder games


#6 : Selanjutnya scroll lagi ke bawah dan pilih menu Save lalu pilih direktori untuk menyimpan world yang kalian inginkan


Jika sudah sekarang silahkan buka folder yang sudah di simpan pada direktori yang kalian pilih tadi lalu pilih games > com.mojang > minecraftWorlds, di dalam folder minecraftWorlds itulah data Minecraft PE kalian berada, sama seperti di Android nama World menjadi acak untuk mengetahuinya silahkan buka folder dengan nama acak tersebut kemudian buka file text " levelname.txt " yang ada di dalamnya untuk mengetahui nama world tersebut.

Bagaimana gampang kan? nah walaupun gampang, tapi ada beberapa orang yang mengalami masalah folder seperti yang di tunjukkan pada cara di atas tidak di temukan, berikut penjelasannya :

Folder Data World Tidak di Temukan?

Biasanya masalah ini di alami untuk pengguna Android, sampai saat ini penyimpanan Default / Bawaan Minecraft PE untuk pengguna Android masih terdapat pada penyimpanan Internal / Application yang artinya data tersebut di simpan dalam aplikasi ( menyatu ).

Perbedaan Simpan Data di Internal dan External

Penyimpanan Internal : Data Kreasi kalian akan di simpan dalam game, dan sayangnya sejauh ini belum di temukan cara untuk membackup, menyalin ataupun memindahkan data tersebut

Penyimpanan External : Data Kreasi kalian akan di simpan dalam bentuk file, dan file tersebut dapat kalian pindahkan ke dalam iPhone atau Android lainnya, sehingga tidak hilang begitu saja ketika game di hapus / bermasalah.

Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur menyimpan data kreasi di penyimpanan Internal?

Bagi pengguna Android untuk saat ini belum di temukan cara untuk memindahkan data kreasi minecraft pe dari penyimpanan internal ke external, solusinya mau tidak mau harus buat dari awal apabila berniat ingin membackup data kreasi tersebut di masa mendatang nantinya.

Merubah Penyimpanan Minecraft PE ke External di Android

Untuk membuat agar data kreasi kalian yang selanjutnya di simpan pada penyimpanan external agar nantinya bisa di backup dan di pindah-pindahkan, silahkan buka menu Settings kemudian pilih menu Profil lalu pada menu File Storage Location ubah dari Application ke External.


Jika sudah di ubah dari Application ke External maka data kreasi kalian yang tadinya ada pada penyimpanan internal game / Application akan di sembunyikan, untuk menampilkan data kreasi kalian yang ada pada penyimpanan internal silahkan ubah lagi menu di atas dari External ke Application.

Jadi kira-kira antara penyimpanan Application dan External memiliki ruangnya sendiri dan tidak bisa di satukan.

Untuk saat ini hanya perangkat Android yang bisa merubah dari Application ke External, untuk perangkat iOS sudah default / permanen ( pengaturan pabrik ) menyimpan ke penyimpanan External.

Bagaimana? apabila ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau ada yang ingin menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih!