Cara Mudah Memperkecil Size / Ukuran Foto di iPhone

Dengan memperkecil ukuran ( size ) foto di iPhone kalian dapat menghemat ruang penyimpanan untuk keperluan yang lainnya ataupun dapat menghemat kuota dan waktu dalam mengirim foto melalui email, foto pada iPhone sendiri semakin lama memiliki ukuran yang semakin besar, hal ini di karenakan faktor dari meningkatnya kualitas kamera pada iPhone dari tahun ke tahun sehingga semakin besar kualitas kamera hasil foto juga semakin bagus dan ukurannya pun ikut bertambah menjadi berlipat-lipat lebih besar.


Nah bagi yang ingin menghemat ruang penyimpanan ataupun ingin mengirim gambar dengan memperkecil ukuran foto pada iPhone, kalian dapat menggunakan aplikasi " Image Size " yang bisa kalian download secara gratis melalui App Store.

Aplikasi Image Size ini mampu mengurangi ukuran foto hingga berlipat-lipat lebih kecil dari aslinya bahkan sudah mendukung ukuran resolusi foto untuk seluruh model iPhone ataupun iPad, kalian juga dapat memilih output quality alias kualitas foto setelah di kurangi ukurannya misalnya mau kualitasnya menjadi normal 100% atau kurang dari itu, tersedia juga 2 pilihan format antara JPEG dan HEIC.

Langsung saja berikut download dan cara mengurangi ukuran foto pada iPhone menggunakan aplikasi Image Size :

#1 : Silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi Image Size melalui link berikut :


#2 : Setelah terinstall silahkan buka aplikasi Image Size, pastikan apabila Image Size meminta izin mengakses galeri photo kalian mengizinkannya

#3 : Sekarang pilih menu 3 garis ( strip ) seperti yang di tunjukkan oleh gambar ( kiri ) berikut :


#4 : Selanjutnya silahkan pilih jenis model iPhone sesuai dengan ukuran layar iPhone kalian.

#5 : Kemudian pilih menu gambar ( pojok kanan atas ) untuk memilih gambar yang akan di kurangi ukurannya


#6 : Bisa di lihat pada gambar di atas, ukuran asli foto 10.75 MB bisa di kurangi menjadi 302.23 KB saja, untuk menyimpannya pilih menu Download yang ada di pojok kiri bawah, kemudian foto akan di simpan tetap di samping foto asli yang tadi sudah di kurangi ukurannya.

Untuk otomatis menghapus foto asli setelah di perkecil ukurannya, caranya silahkan masuk ke menu Pengaturan ( pojok kanan atas ) kemudian nyalakan menu " Delete original image after saving ", maka dengan begitu otomatis foto asli yang sudah di pilih untuk di perkecil akan di hapus secara otomatis menyisakan foto yang sudah berubah ukuran menjadi lebih kecil.


Jika sudah sekarang cek galeri photo iPhone kalian dan lihat ukurannya sudah sangat jauh lebih kecil kan?

Sejauh ini ketika saya menggunakan aplikasi ini untuk memperkecil ukuran foto agar lebih mudah di kirim melalui email kualitas fotonya tidak berbeda jauh dengan yang aslinya, tetap tajam dan detail, hanya saja saya tidak menjamin kualitasnya akan sebaik dengan kualitas foto aslinya.

Jadi apabila kalian ingin menerapkan cara ini untuk menghemat ruang penyimpanan, alangkah baiknya lakukan dengan metode backup ke PC / Laptop / Mac saja ya.. karena kualitas foto tidak di jamin akan sebagus yang aslinya setelah di lakukan pengecilan.

Baik sekian dulu postingan kali ini, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!