Cara Backup Data Minecraft PE Di iPhone & iPad ke iCloud

Bagi kalian yang hobi bermain game Minecraft PE di iPhone atau iPad berarti kita sama admin juga suka 😁. Nah tentu kita tidak ingin dunia, kreasi, world atau apapun itu sebutannya yang sudah kita bangun siang dan malam, hilang begitu saja ketika ingin mengganti iPhone atau iPad yang kita gunakan saat membangun kreasi tersebut.


Untungnya saat ini Minecraft PE di iPhone dan iPad mempermudah kita untuk membackup data kreasi yang sudah kita bangun. Ya, data Minecraft PE pada iPhone kalian saat ini sudah tidak tersimpan didalam aplikasi Minecraft PE lagi, melainkan tersimpan pada iPhone kalian dan dapat kalian temukan melalui aplikasi File pada iPhone.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara menemukan lokasi data Minecraft PE di iPhone dan iPad dan cara membackupnya ke iCloud.

Lokasi Data Minecraft PE di iPhone dan Cara Backup ke iCloud

#1 : Pertama buka aplikasi File pada iPhone

#2 : Kemudian masuk ke menu Di iPhone Saya ( jika tidak ada tap Telusuri / Lokasi dipojok kiri atas )


Sekarang kalian akan melihat folder Minecraft dan didalam folder itulah data-data kreasi Minecraft kalian disimpan.

#3 : Untuk membackup data Minecraft ke iCloud caranya mudah, silahkan Tap dan Tahan pada folder Minecraft

#4 : Kemudian pilih Salin


#5 : Jika sudah kembali ke menu utama lalu pilih iCloud Drive


#6 : Setelah itu silahkan tap dan tahan disembarang tempat lalu pilih Tempel


#7 : Tunggu hingga proses upload selesai dan data minecraft kalian sudah tersimpan di iCloud


Karena sudah tersimpan di iCloud kalian bisa mengakses data minecraft tersebut pada iPhone, iPad dan iPod touch lainnya yang juga menggunakan akun iCloud yang sama.

Sekarang bagaimana cara memasukkan kembali ( restore ) data minecraft tersebut ke dalam game Minecraft? cukup mudah berikut caranya.

Cara Memasukkan Kembali Data Minecraft dari iCloud ke dalam iPhone

Walaupun tadi kita sudah membackup seluruh data Minecraft beserta foldernya, namun saat memasukkan kembali data Minecraft kalian tidak perlu memasukkan semuanya, cukup folder data ( map ) nya saja. Berikut caranya.

#1 : Buka aplikasi File pada iPhone

#2 : Kemudian masuk ke menu iCloud Drive

#3 : Sekarang buka folder Minecraft yang sudah kalian backup

#4 : Lalu masuk / buka lagi folder games > com.mojang > minecraftWorlds

#5 : Nah di dalam folder minecraftWorlds itulah data minecraft kalian disimpan.


#6 : Ingat data minecraft tersebut tersimpan dalam folder dengan nama yang acak, untuk menemukan nama dari data tersebut silahkan buka folder acak tersebut dan buka file levelname


#7 : Baik sekarang yang akan kita pindahkan adalah folder acak tersebut, silahkan tap dan tahan pada folder acak tersebut kemudian pilih Salin


#8 : Sekarang kembali lagi ke menu Di iPhone Saya

#9 : Lalu masuk ke direktori yang sama seperti lokasi data yang sudah disalin yaitu Minecraft > games > com.mojang > minecraftWorlds

#10 : Setelah itu tap dan tahan disembarang tempat kemudian pilih Tempel

Jika sudah terakhir silahkan buka game Minecraft PE kalian dan lihat hasilnya :)

Bagaimana gampang kan? seharusnya sih gampang ya, jadi intinya untuk membackup kalian hanya perlu menyalin data minecraft yang ada di iPhone kalian ke iCloud Drive saja, untuk memasukkannya kembali cukup menyalin data yang ada pada folder minecraftWorlds ke data minecraft yang ada di iPhone ( sesuaikan letak berdasarkan foldernya ).

Baik sekian dulu cara membackup data Minecraft PE di iPhone dan iPad, apabila ada yang masih kurang jelas ( bingung? ) atau ada yang ingin disampaikan. Silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!