Cara Menonaktifkan Pembelian Dalam Aplikasi / Games di iPhone

Bagi kalian atau orang tua yang ingin mengawasi anaknya saat bermain gadget agar tidak sembarangan membeli item di dalam aplikasi atau games, di iPhone, iPad atau iPod kalian dapat memanfaatkan fitur " Pembatasan Konten & Privasi ".


Selain itu kalian juga dapat membatasi anak kalian agar tidak terlalu sering bermain gadget dengan cara mengunci otomatis aplikasi pada saat waktu yang telah kalian tentukan sendiri, selengkapnya baca di : Cara Membatasi Waktu Bermain Gadget / Game di iPhone dan iPad

Baik kembali ke topik pembahasan, untuk mematikan / menonaktifkan fungsi pembelian dalam aplikasi atau games apapun di iPhone caranya sangatlah mudah, silahkan ikuti cara-caranya berikut ini :

#1 : Pertama silahkan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Pilih menu Durasi Layar / Screen Time

#3 : Apabila belum pernah mengaktifkan menu Durasi Layar sebelumnya silahkan pilih Nyalakan Durasi Layar > Lanjutkan kemudian pilih kategori pemilik iPhone


#4 : Setelah selesai kalian bisa menambahkan password untuk mengakses menu ini caranya silahkan pilih menu " Gunakan Kode Sandi Durasi Layar " kemudian masukkan 4 digit password yang kalian inginkan, ingat jangan sampai lupa passwordnya ya..

#5 : Jika sudah sekarang masuk ke menu Batas App lalu pilih Pembelian iTunes & App Store


#6 : Setelah itu pilih lagi menu Pembelian In-app sekarang pilih Jangan Izinkan


Nah sekarang fitur pembelian item dalam aplikasi atau games sudah di nonaktifkan, jadi ketika kalian ingin membeli item dalam aplikasi atau games akan muncul peringatan yang isinya kira-kira seperti berikut :



Bagaimana keren kan? kalian bisa menjaga misalnya anak kalian apabila takut membeli item dalam aplikasi secara sembarangan atau menjaga agar tidak tertekan secara tidak sengaja.

Untuk mengaktifkan kembali pembelian dalam aplikasi kalian bisa mengaktifkannya kembali dengan cara memilih Izinkan pada langkah ke #6 di atas.

Baik sekian dulu postingan kali ini, jika ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!