Cara Membatasi Waktu Bermain Gadget / Game di iPhone dan iPad

Bagi yang ingin membatasi waktu bermain game atau menggunakan sosial media di iPhone dan iPad, entah untuk kepentingan pribadi agar mengurangi kecanduan atau bagi para orang tua yang ingin membatasi anaknya dalam bermain game, kalian dapat menggunakan fitur Screen Time / Durasi Layar yang terdapat pada iPhone atau iPad.


Fitur Durasi Layar ini sudah ada sejak Apple merilis pembaruan iOS 12, fitur ini sangatlah bermanfaat untuk mengontrol waktu main diri sendiri agar tidak terlalu berlebihan atau untuk mengatur jadwal bermain anak dalam menggunakan gadget.

Dalam fitur Durasi Layar ini kalian dapat mengatur batas dalam menggunakan aplikasi menurut kategori, misalnya kategori aplikasi games atau jejaring sosial yang dapat di batasi durasi mainnya misalkan hanya 30 atau 60 menit setiap hari, jika sudah mencapai batas waktu maka aplikasi akan otomatis terkunci dan tidak dapat di gunakan lagi hingga waktu yang sudah di tentukan.

Fitur Durasi Layar ini sendiri akan di kunci oleh sebuah Password yang akan kalian buat nantinya, jadi semua kontrol penggunaan aplikasi ada di tangan si pembuat password tersebut.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Durasi Layar / Screen Time pada iPhone, iPad atau iPod :

Pastikan kalian menggunakan minimal iOS 12, silahkan update terlebih dahulu apabila tersedia melalui menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

#1 : Buka Pengaturan > Durasi Layar kemudian Nyalakan Durasi Layar ( jika belum pernah di gunakan sebelumnya ) kemudian pilih Lanjutkan lalu pilih kategori pemilik iPhone tersebut


#2 : Setelah itu masih di menu Durasi Layar silahkan pilih menu Gunakan Kode Sandi Durasi Layar kemudian masukkan password 4 digit yang kalian inginkan ( ingat jangan sampai lupa )

#3 : Sekarang untuk membatasi penggunaan aplikasi silahkan masuk ke menu Batas App lalu pilih Tambah Batas


#4 : Jika sudah silahkan pilih ingin membatasi durasi penggunaan kategori aplikasi yang mana, jika sudah pilih menu Berikutnya dan atur batas waktu penggunaannya misalnya 30 menit, 1 jam, 2 jam dan lain-lain.


#5 : Bila semua sudah di atur silahkan pilih Tambah

Nah sekarang penggunaan aplikasi telah di batasi, apabila penggunaan sudah sampai pada batasnya maka otomatis aplikasi tersebut akan terkunci dan tidak dapat di lanjutkan kembali, kecuali bagi kalian yang mengetahui password menu Durasi Layar yang sudah di buat pada langkah ke #2 di atas tadi.


Aplikasi atau Games yang sudah mencapai waktunya tidak dapat di buka lagi sampai dengan waktu yang telah di tentukan


Bagaimana sangat berguna bukan? dengan fitur ini kalian juga dapat membatasi akses-akses lainnya seperti akses untuk menginstall aplikasi, menghapus aplikasi, pembelian item pada aplikasi dan lain sebagainya.

Baik sekian dulu postingan kali ini apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!