Cara Memperbaiki Kamera iPhone yang Terlalu Ngezoom

Kamera adalah salah satu fungsi vital bagi pengguna smartphone, dengan adanya kamera kalian dapat mengabadikan berbagai momen dengan mengambil foto atau merekam video, tapi apa jadinya apabila kamera pada iPhone tiba-tiba menjadi terlalu Zoom? atau terlalu Dekat sehingga Membesar?


Tentu saja apabila di rasa kamera pada iPhone kalian terlalu zoom hal ini menandakan ada yang tidak normal, meskipun begitu ada banyak faktor yang dapat menyebabkannya, untuk mencari tau apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya silahkan ikuti cara-cara di bawah berikut :

Restart Aplikasi Kamera iPhone

Cara paling sederhana pertama adalah dengan merestart aplikasi kamera iPhone, caranya silahkan tutup aplikasi kamera iPhone dari multitask kemudian buka kembali.

Pastikan Tidak Dalam Mode Portrait


Untuk pengguna iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS dan seterusnya pastikan kalian tidak sedang berada pada Mode Portrait, karena mode ini memang di gunakan untuk fokus pada objek yang jauh jadi akan zoom secara otomatis.

Pastikan Tidak Sengaja Menekan Menu Zoom


Pastikan juga kalian tidak sengaja menekan menu Zoom yang terdapat pada bagian tengah bawah pada layar kamera iPhone.

Restart iPhone

Caranya silahkan matikan iPhone kalian kemudian nyalakan kembali, hal sederhana ini juga dapat memperbaiki banyak masalah pada iPhone termasuk adanya kemungkinan bug pada kamera yang menyebabkan kamera terlihat terlalu zoom.

Apabila Masalah Terdapat Pada Aplikasi

Apabila kamera yang terlalu zoom ini terdapat pada aplikasi tertentu saja, contohnya seperti yang banyak di keluhkan adalah pada aplikasi Snapchat, kalian bisa mengupdate aplikasi yang bermasalah tersebut ke versi terbarunya melalui App Store.

Update versi iOS


Cara terakhir adalah dengan mengupdate versi iOS ke versi terbaru, dengan memperbarui versi iOS kemungkinan bug ini akan segera teratasi, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Reset Pengaturan

Sebelum melanjutkan perlu di perhatikan bahwa pengaturan pada iPhone kalian akan di ubah ke pengaturan pabrik, tidak akan ada data yang di hapus, untuk caranya silahkan buka Settings > General > Reset > Reset All Settings, ingat jangan sampai salah pilih.

Catatan Tambahan : 

Untuk mode Video ( slo-mo, time-lapse ) pada iPhone sendiri memang sedikit Zoom di bandingkan dengan mode Foto, hal ini normal dan wajar.

Apabila masalah ini belum juga teratasi dan merasa ada yang tidak wajar, kalian dapat membawa iPhone kalian ke Authorized service Apple di Indonesia atau di tempat service smartphone langganan kalian untuk di cek penyebabnya.

Baik sekian dulu postingan kali ini apabila ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang ingin menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!