Tips Agar Tidak Boros Baterai Saat Bermain Game di Android atau iPhone

Bermain game di HP / Smartphone adalah salah satu hiburan yang cukup menyenangkan, bahkan tidak sedikit orang yang lupa waktu ketika sedang bermain game, selain itu seiring perkembangan waktu banyak judul-judul game terbaru yang hadir dan seru untuk di mainkan sendiri ataupun bersama dengan teman.


Meskipun bermain game di Smartphone (Android / iPhone) sangat menyenangkan, mudah di bawa kemanapun dan dimainkan pada saat apapun, daya tahan Baterai yang cepat habis menjadi masalah yang utama.


Ketika bermain game daya tahan Baterai akan jauh lebih cepat habis ketimbang hanya sekedar melakukan browsing, mendengarkan lagu, sosial media atau hanya chat-chat saja, kenapa bisa begitu? hal ini dikarenakan smartphone kalian akan bekerja jauh lebih berat saat menjalankan game, apalagi game-game tersebut merupakan game terbaru dengan kualitas grafik yang luar biasa memukau, ditambah dengan pengaturan framerate yang tinggi supaya membuat game menjadi lebih smooth dan lain sebagainya.. nah disinilah smartphone kalian akan berusaha dengan mengeluarkan performa sebaik dan sekencang mungkin yang dibutuhkan untuk menjalankan game, konskwensinya? daya tahan baterai akan tersedot jauh lebih boros.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan Tips dan Trik ampuh dalam menghemat Baterai saat bermain game-game berat ataupun terbaru khususnya game yang menggunakan jaringan internet seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Call of Duty Mobile dan lain sebagainya.. kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kurangi Brightness atau Kecerahan Layar

Kecerahan Layar a.k.a Brightness merupakan salah satu faktor yang memiliki dampak cukup besar pada baterai saat sedang bermain game, perlu diketahui menggunakan kecerahan layar hingga penuh dapat menaikkan penggunaan baterai setidaknya hampir 2x lipat lebih boros dibandingkan dengan menggunakan kecerahan hanya setengahnya saja, sangat disarankan bagi kalian yang ingin bermain game agar menggunakan kecerahan layar hanya sekitar 50 - 70% saja, tetapi apabila bermain di luar ruangan maka kecerahan yang dipakai tentu saja harus lebih terang, jadi tipsnya untuk bermain jangka panjang bermainlah di dalam ruangan atau tempat yang sedikit gelap sehingga dapat memudahkan untuk melihat ketika kecerahan layar tidak terlalu terang.

Gunakan Earphone

Meskipun saya sendiri senang bermain game menggunakan Speaker, tetapi nyatannya untuk menghemat penggunaan baterai kalian disarankan untuk bermain game menggunakan Earphone, karena dengan mengguna earphone suara yang dibutuhkan tidak terlalu besar sehingga penggunaan baterai dapat ditekan.

Gunakan Wifi

Menggunakan Wifi saat sedang bermain game Online di Smartphone merupakan salah satu pilihan yang paling tepat, selain memiliki kesempatan untuk hasil sinyal / ping yang lebih bagus, penggunaan daya baterai pada smartphone juga akan jauh lebih hemat, hal ini dikarenakan apabila kalian bermain game menggunakan jaringan data seluler apalagi dengan sinyal yang sulit didapat maka smartphone akan bekerja 2 kali, yang pertama bekerja keras menjalankan game dan yang kedua bekerja keras untuk mencari sinyal dan menstabilkannya, dengan 2 pekerjaan berat ini maka konsumsi baterai akan meningkat jauh lebih boros, dengan menggunakan wifi maka pekerjaan berat ini akan menjadi lebih ringan karena sudah tergantikan oleh Wifi, selain itu jika memungkinkan menyalakan Airplane Mode saat menggunakan jaringan wifi dapat menghemat baterai saat bermain game yang cukup signifikan.

Gunakan Low Power Mode / Mode Hemat Daya

Menyalakan fitur Mode Hemat Daya saat bermain game dapat menghentikan proses-proses aplikasi tidak penting lainnya di latar belakang, dengan begitu penggunaan baterai dapat dihemat dan terfokus pada game saja, hanya saja pada beberapa smartphone seperti iPhone menggunakan mode hemat daya dapat menurunkan perfroma iPhone itu sendiri tetapi apabila iPhone kalian merupakan keluaran terbaru dan terkencang menggunakan Mode Hemat Daya bukan menjadi masalah.

Tutup Aplikasi Lainnya

Tips ini juga menjadi tips dasar untuk menghemat daya tahan baterai saat bermain game, sama dengan tips keempat di atas, menutup aplikasi lainnya saat bermain game dapat menghemat penggunaan daya baterai yang terfokus untuk game saja, selain itu dengan menutup aplikasi lainnya dapat menghemat penggunaan ram sehingga membuat game jauh lebih lancar saat dimainkan.

Baca Juga : Tips Ngecas Hp iPhone dan Android Agar Lebih Cepat Penuh

Kurangi Settingan Grafik Dalam Game


Nah cara ini adalah cara yang paling sering saya terapkan, saat bermain game contohnya saja Call of Duty Mobile saya tidak terlalu suka menggunakan settingan grafik yang terlalu tinggi beserta efek-efek tambahan lainnya, karena saat kita menggunakan settingan grafik dengan kualitas yang tinggi disertai dengan efek tambahan maka smartphone akan bekerja jauh lebih keras untuk menjalankan game tersebut bahkan bisa dibilang hampir 20-30% lebih boros dibandingkan dengan menggunakan settingan grafik dengan kualitas rendah, saran saya apabila grafik bukan menjadi masalah silakan turunkan kualitas grafik dalam game yang kalian mainkan biasanya settingan ini terdapat pada menu Pengaturan kemudian Grafik / Display, disamping itu Framerate pada game juga sangat mempengaruhi daya tahan baterai semakin kecil framerate semakin hemat baterai begitu juga sebaliknya, hanya saja dengan mengurangi framerate pengalaman bermain menjadi kurang mulus, saran saya silakan dicocokan sendiri settingan yang tepat untuk kalian :)

Perhatikan Panas dan Kondisi Ruangan

Panas menjadi salah satu musuh bagi daya tahan baterai, semakin panas smartphone kalian, semakin boros juga penggunaan baterainya, untuk menghindari hal ini kalian bisa menggunakan case yang lebih terbuka atau kalau bisa tidak usah menggunakan case saat sedang bermain game kemudian mainkan juga pada ruangan yang lebih sejuk, hindari bermain dalam ruangan yang panas apalagi langsung di bawah paparan sinar matahari, selain membuat baterai lebih awet daya tahan komponen pada smartphone juga akan lebih awet dan tahan lama.

Update Game ke Versi Terbaru

Apabila telah tersedia update untuk game yang kalian mainkan, silakan update game tersebut ke versi terbaru, biasanya pada update terbaru tentu saja developer dari game tersebut telah memperbaiki banyak masalah yang dialami penggunanya dan hal ini merupakan hal yang wajar, untuk pengguna Android silakan update melalui Play Store dan iPhone melalui App Store.

Update Versi OS Android / iOS

Smartphone apapun yang kalian gunakan pastinya selalu memberikan dukunga pembaruan sistem operasi misalnya Android atau iOS, dengan melakukan update versi OS ke versi terbaru biasanya akan meperbaiki manajemen baterai agar menjadi jauh lebih baik, untuk Android silakan cek pembaruan pada menu Pengaturan > Update Software / Sistem ( bervariasi ) untuk iOS iPhone dan iPad masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Install Ulang Game

Game yang kalian mainkan sendiri dari waktu ke waktu akan menyimpan banyak data dan cache dampaknya akan semakin berat, untuk mengatasinya agar fresh kembali kalian bisa melakukan install ulang dengan cara menghapus game tersebut kemudian mendownloadnya kembali, sebelumnya pastikan terlebih dahulu progress pada game tersebut sudah tersimpan pada akun kalian sehingga setelah install ulang selesai akun kalian dapat dilanjutkan atau mainkan kembali.

Baik itu dia tips dan trik cara menghemat baterai agar tidak boros saat bermain game di hp smartphone Android atau iOS, bagi sebagian orang mungkin saja cara-cara di atas sangat ampuh untuk menghemat penggunaan baterai mereka saat bermain game, tetapi tidak semua dapat diterapkan faktor kesehatan baterai, kapasitasnya, chipset yang digunakan dan performa keseluruhan juga mempengaruhi dari boros atau tidaknya baterai.

Baca Juga : Cara Cek dan Mengetahui Battery Health di Smartphone Android

Sekian postingan kali ini apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!