Cara Mengatasi iPhone dan Android Tidak Bisa Video Call di WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi Chat paling populer saat ini, selain dapat di gunakan untuk mengirim pesan teks, WhatsApp juga dapat mengirim gambar atau video, membuat status hingga melakukan VC alias Video Call.


Tapi apa jadinya jika iPhone dan Android kalian tidak dapat melakukan Panggilan Video / Video Call di WhatsApp? tentu hal ini sangat menyebalkan ya.. apalagi terjadi di saat-saat penting.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut kalian tidak perlu khawatir, ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaikinya, silahkan baca ulasannya berikut ini :

#1 : Pastikan Koneksi Internet Tersambung

Cara yang pertama ini wajib kalian perhatikan, pastikan sambungan Data Seluler kalian menyala ( jangan lupa cek paket internetnya ) atau bagi yang menggunakan Wifi pastikan jaringan Wifi dalam keadaan tersambung.

Untuk memastikan apakah internet kalian tersambung silahkan buka aplikasi lainnya yang menggunakan akses internet juga.

#2 : Nyalakan Airplane Mode


Trik ini biasanya dapat membuahkan hasil yang tidak mengecewakan, caranya silahkan nyalakan Airplane mode ( mode pesawat ) tunggu beberapa saat kemudian matikan dan coba kembali lakukan video call.

#3 : Tutup Aplikasi WhatsApp

Trik ini juga biasanya ampuh, silahkan tutup aplikasi WhatsApp dari latar belakang ( background ) tunggu beberapa saat kemudian buka lagi dan coba lakukan VC kembali.

#4 : Update Aplikasi WhatsApp

Jika cara diatas masih belum juga membuahkan hasil, silahkan update aplikasi WhatsApp kalian dengan cara masuk ke Play Store ( pengguna Android ) atau App Store ( pengguna iOS iPhone ), kemudian cari aplikasi WhatsApp dan silahkan di update jika tersedia.

#5 : Restart iPhone atau Android

Terlihat sepele tapi biasanya cara ini cukup manjur dalam memperbaiki masalah-masalah aneh yang tiba-tiba terjadi, caranya silahkan matikan perangkat kalian kemudian nyalakan kembali.

#6 : Matikan Fitur " Low Data Usage "

Low Data Usage berfungsi untuk menekan penggunaan data saat melakukan panggilan di WhatsApp melalui jaringan data seluler, untuk mematikan fitur ini silahkan masuk ke Settings > Data and Storage Usage sekarang pastikan menu Low Data Usage dalam keadaan tidak tercentang / nonaktif.


#7 : Install Ulang WhatsApp

Semua cara di atas tidak ada yang berhasil? silahkan install ulang aplikasi WhatsApp kalian dengan cara di hapus kemudian install kembali, sebelum menghapus silahakn backup terlebih dahulu chat kalian melalui Settings > Chats > Chat Backup kemudian pilih Back Up Now.

#8 : Pastikan WhatsApp Mendapatkan Izin Akses Kamera

Di iPhone dan Android, WhatsApp membutuhkan izin kamera untuk dapat menjalankan fitur Video Call, nah pastikan kalian telah mengizinkannya, jika belum silahkan :

Untuk iOS iPhone : masuk ke Settings > Privacy > Camera kemudian centang pada bagian WhatsApp

Untuk Android : masuk ke Settings > Apps > WhatsApp > Permissions kemudian pastikan menu Camera telah tercentang.


#9  Update ke versi iOS / Android Terbaru

Terlihat aneh tetapi cara ini mungkin dapat memperbaiki WhatsApp yang tidak Video Call jika cara-cara di atas tidak satupun yang membuahkan hasil.


  • Untuk iOS masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak
  • Untuk Android masuk ke Pengaturan > System > System Updates ( bervariasi )

Belum Berhasil Juga?

Jika cara-cara di atas tidak juga berhasil cek juga apakah WhatsApp milik orang lain ( teman, saudara, keluarga ) dapat melakukan video call atau tidak, jika semuanya tidak dapat melakukan panggilan Video Call, bisa jadi hal ini di sebabkan oleh Server WhatsApp yang sedang bermasalah, kemungkinan lainnya nomor yang coba kalian hubungi sedang offline atau di blokir.

Cek Juga apakah fungsi kamera depan pada smartphone kalian berfungsi atau tidak, cek juga kualitas jaringan internet di sekitar kalian.

Dengan mengikuti cara-cara di atas seharusnya WhatsApp sudah berfungsi dengan normal kembali.

Baik sekian dulu tips dan informasi tentang cara memperbaiki WhatsApp yang tidak dapat melakukan Video Call, jika ada yang ingin di sampaikan atau tanyakan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!