Cara Mengatasi iPhone Stuck Mati Nyala di Logo Apple Terus Menerus

Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki iPhone yang tersangkut / stuck pada saat ingin boot, ketika stuck maka iPhone tersebut akan terus menerus menunjukkan logo Apple kemudian setelah beberapa saat kemudian mati dan menunjukan logo Apple lagi, hal ini terjadi terus menerus tanpa bisa masuk ke homescreen.


Sebelumnya perlu diketahui bahwa hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti kesalahan atau bug setelah mengupdate ke iOS terbaru, akibat tercebur keair / jatuh, akibat jailbreak hingga masalah pada mesin iPhone itu sendiri.

Sebelum mengambil kesimpulan ada baiknya kalian coba gunakan metode-metode berikut ini, perhatikan dan ikuti dengan baik.

Lakukan Hard Reboot / Force Restart

Cara ini merupakan salah satu cara paling Ampuh dalam memperbaiki iPhone yang stuck pada mode apapun, termasuk stuck pada Logo Apple, caranya :

Model iPhone 8, iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone 11 dan lebih baru

  • Tekan dan Lepas tombol Volume Atas
  • Tekan dan Lepas tombol Volume Bawah
  • Sekarang Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone mati dan muncul logo Apple

Model iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah beserta tombol Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone mati dan muncul logo Apple

Model iPhone 6S, iPhone 6, iPhone 5S dan lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol Power / Lock beserta tombol Home secara bersamaan hingga iPhone mati dan muncul logo Apple

Apabila berhasil, setelah iPhone mati dan muncul logo Apple maka iPhone kalian akan langsung masuk ke dalam homescreen.

Gunakan Recovery Mode

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil sama sekali, langkah selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan memasukki Recovery Mode, dalam mode Recovery ini iPhone kalian akan dapat terdeteksi oleh iTunes meskipun tidak dapat masuk ke dalam homescreen, jadi sebelum melanjutkan pastikan dan siapkan terlebih dahulu kabel data iPhone, koneksi internet beserta dengan PC / Laptop / Mac yang sudah terinstall iTunes.

1. Sambungkan iPhone kalian yang stuck mati nyala pada Logo Apple ke dalam komputer kemudian buka aplikasi iTunes

2. Setelah itu silakan :

iPhone 8, X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, SE 2020 dan lebih baru

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Setelah itu Tekan dan Tahan tombol Power / Lock

iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan

iPhone 6S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol Power / Lock dan tombol Home secara bersamaan

3. Apabila sudah berhasil silakan ikuti instruksi yang ditunjukkan oleh iTunes untuk memperbaiki iPhone kalian.

Bila Tercebur ke Air

Apabila masalah ini terjadi sehabis iPhone kalian tercebur ke air, silakan baca cara mengatasinya pada postingan berikut ini : Cara Mengatasi iPhone Mati Nyala Logo Apple Setelah Terjatuh ke Air

Apabila Cara di Atas Tidak Membuahkan Hasil

Apabila kedua cara diatas tidak juga membuahkan hasil, ada kemungkinan besar masalah datang dari hardware atau mesin pada iPhone itu sendiri, untuk memastikan hal ini kalian dapat membawa iPhone tersebut ke authorized service Apple resmi di Indonesia atau ke toko reparasi smartphone langganan kalian untuk dicek penyebabnya. Apabila masih dalam jangka garansi kalian dapat menggaransikan iPhone tersebut bila masalahnya belum juga teratasi.

Baik sekian dulu postingan kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!