Cara Mengatasi iPhone Mati Nyala Logo Apple Setelah Terjatuh ke Air

Salah satu masalah serius yang tidak diduga-duga terjadi adalah iPhone tercebut ke air, walaupun beberapa iPhone sudah memiliki sertifikasi tahan air, tetap saja hal tersebut membuat keberutungan kalian dipertaruhkan, apalagi jika masuk kedalam airnya dalam waktu yang sangat lama dan cukup dalam.


Nah apabila iPhone kalian sialnya tidak mau masuk ke menu utama iPhone alias stuck di logo Apple ( nyala hanya di logo Apple kemudian setelah beberapa detik mati lagi dan menyala lagi di logo Apple, begitu dan seterusnya.. ) hal ini menandakan ada komponen dalam iPhone kalian yang bermasalah setelah terkena air, untuk mengatasi masalah ini susah-susah gampang dan faktor keberuntungan juga dipakai.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara yang dapat kalian gunakan apabila iPhone kalian stuck di logo Apple ( bootloop ) setelah tercebur / kemasukkan air.

Coba Lakukan Force Restart

Sebelumnya silahkan keringkan iPhone kalian lebih dulu menggunakan handuk kering, jika sudah coba lakukan Force Restart, caranya :

> iPhone 8, iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone 11 dan lebih baru <

  • Tekan dan Lepas tombol Volume Atas
  • Tekan dan Lepas tombol Volume Bawah
  • Sekarang Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone mati dan muncul logo Apple

> iPhone 7 dan iPhone 7 Plus <

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah beserta tombol Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone mati dan muncul logo Apple

> iPhone 6S, iPhone 6, iPhone 5S dan lebih lama <

  • Tekan dan Tahan tombol Power / Lock beserta tombol Home secara bersamaan hingga iPhone mati dan muncul logo Apple

Apabila berhasil setelah iPhone mati dan muncul logo Apple maka iPhone kalian akan langsung masuk ke dalam homescreen.

Matikan dan Keringkan iPhone

Hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan mematikan iPhone tersebut kemudian mengeringkannya, mengeringkan dengan apa? kalian bisa ikuti tips berikut :

> Keringkan Menggunakan Lap <

Langkah pertama tentu saja silahkan lap iPhone kalian hingga bersih menggunakan handuk kering, apabila sudah silahkan lanjutkan cara dibawah berikut.

> Keringkan Menggunakan Kipas <

Saya yakin hampir semua dari kalian memiliki kipas angin, sebelum melanjutkan silahkan di lap terlebih dahulu bagian luar iPhone hingga kering, jika sudah nyalakan kipas dan arahkan ke iPhone yang ingin dikeringkan, pastikan kecepatan kipas angin tidak terlalu kencang dan dekat. Tunggu hingga 1 atau 2 hari untuk memastikan iPhone benar-benar kering.

Kalian juga bisa melepas simtray iPhone untuk mempercepat keringnya komponen didalam iPhone, namun cara ini bisa mengundang debu masuk, do it at your own risk.

> Metode Beras <

Saya tidak tahu bagaimana beras bisa mengeringkan iPhone namun dari beberapa sumber cara ini cukup ampuh, caranya sendiri adalah dengan merendam iPhone kedalam tumpukkan beras dan membiarkannya hingga 1 atau dua hari.

Buka iPhone dan Keringkan Secara Manual

Apabila kalian memiliki peralatan dan sudah ahli dalam membuka iPhone, kalian bisa membuka iPhone tersebut dan mengeringkan komponen didalamnya secara hati-hati, cara ini adalah salah satu cara yang paling ampuh namun sulit dilakukan.

Metode Yang Tidak Disarankan

Beberapa metode dibawah ini tidak disarankan untuk menghindari resiko kerusakan pada iPhone lebih lanjut, namun dalam beberapa kasus ( misalnya kalian sudah tidak peduli lagi dengan resikonya ) cara dibawah dapat berhasil, misalnya mengeringkan iPhone dengan hairdryer ( melalui lubang sim tray ), menggoyang-goyangkan iPhone agar air dapat keluar ( bahayanya air dapat semakin meluas menyentuh komponen lain ).

Metode Yang Tidak Boleh Dilakukan

Apabila kalian berpikir untuk mengeringkan iPhone kalian dengan cara dioven atau dijemur dibawah sinar matahari sebaiknya silahkan pikir kembali, cara ini 99% tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan ( kecuali kalian beruntung ) apalagi jika iPhone dioven 99.99% kemungkinan iPhone kalian akan rusak dan baterai akan meledak, jadi harap di hindari.

Solusi Terakhir

Cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil? iPhone kalian masih stuck mati nyala di logo Apple terus-menerus ( bootloop )? tidak ada cara lain selain membawa iPhone kalian ke tempat service smartphone yang sudah terpercaya atau ke store Authorized Apple di Indonesia untuk di cek apakah komponen dalam iPhone ada yang mengalami kerusakan atau tidak.

Untuk garansi sendiri, iPhone yang mengalami kerusakan akibat tercebur / terjatuh / kemasukan air tidak dapat ditanggung garansi meskipun iPhone tersebut memiliki sertifikasi tahan air, perlu diketahui juga iPhone memiliki indikator yang menunjukkan apakah iPhone tersebut pernah terendam air atau tidak.

Baik sekian informasi cara memperbaiki dan mengatasi iPhone yang mati nyala pada logo Apple setelah tercebur / terkena / kemasukan Air, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!