Cara Menghapus Aplikasi iPhone yang Stuck di Installing / Menginstal

Terkadang saat menginstall aplikasi iPhone tidak selalu mulus, tidak jarang proses installasi aplikasi stuck / menyangkut pada mode Installing / Menginstall, dalam kasus tertentu meskipun sudah dihapus aplikasi tetap menampilkan icon kosong / blank dan hasilnya pun sama seperti sebelumnya, yakni tetap tidak bisa dihapus.


Pada postingan kali ini saya akan memberikan cara mengatasinya dengan mudah agar aplikasi membandel tersebut dapat segera dihapus.

Hapus Lewat Pengaturan

Caranya silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone kemudian cari aplikasi yang stuck tadi, jika sudah ketemu silakan pilih Hapus App > Hapus App.

Restart iPhone dan Coba Kembali

Selanjutnya, coba restart iPhone (matikan iPhone kemudian nyalakan kembali) atau gunakan cara force restart berikut:

Khusus iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro atau lebih baru.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus.

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Volume Bawah.
  2. Kemudain Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 6, 6 Plus, 5S, atau lebih lama.

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Home.
  2. Kemudian Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Jika sudah biasanya aplikasi yang masih stuck padahal sudah dihapus tersebut akan segera hilang, apabila masih belum hilang juga coba hapus kembali dan lihat hasilnya.

Login Ulang Apple ID App Store

Jika cara di atas tidak berhasil juga coba relogin atau login ulang akun Apple ID di App Store, caranya silakan buka Pengaturan > iTunes & App Store pilih nama Apple ID kalian dan pilih Keluar, setelah itu coba hapus lagi aplikasi yang tidak bisa terhapus tadi, jika masih belum bisa juga coba login kembali dan coba hapus lagi.

Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas belum membuahkan hasil pertimbangkan untuk mereset pengaturan iPhone, caranya buka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Bagaimana apakah sudah berhasil? seharusnya dengan ketiga cara di atas aplikasi di iPhone yang stuck pada mode Installing / Menginstall seharusnya sudah bisa terhapus.

Namun apabila dalam kasus tertentu semua cara sudah dilakukan tetapi aplikasi tetap membandel dan tidak bisa dihapus juga, silakan pertimbangkan untuk mereset seluruh data pada iPhone menjadi kosong kembali melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang atau gunakan cara berikut berikut  Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Baik sekian postingan kali ini, jika ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!