Cara Mengatasi Aplikasi iPhone Tidak Bisa Dihapus

Menghapus aplikasi di iPhone merupakan hal yang mudah, tinggal tahan icon aplikasinya kemudian tekan logo X lalu pilih Hapus, namun apa jadinya jika aplikasi tersebut ternyata tidak bisa dihapus bahkan ketika sudah menekan tombol Hapus? apa yang menjadi penyebabnya?


Tidak perlu khawatir pada postingan kali ini saya akan membagikan cara-cara menghapus aplikasi di iPhone yang sulit bahkan tidak bisa terhapus, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut:

Restart iPhone

Cara ini sangatlah simple tapi dapat kalian coba sendiri efektifitasnya, silakan matikan iPhone kalian tunggu beberapa saat kemudian nyalakan kembali, jika sudah coba hapus lagi aplikasinya.

Cek Apakah Ada Icon Hapus?


Normalnya ketika kalian menahan ikon pada aplikasi tidak berapa lama kemudian aplikasi akan bergoyang dan muncul tanda " X " di ujung kiri icon, tapi apabila icon tersebut tidak ada padahal aplikasi yang ingin dihapus merupakan aplikasi yang didownload dari App Store, ada kemungkinan besar iPhone kalian telah dibatasi oleh fitur "Content & Privacy Restrictions", cara mengatasinya coba masuk ke Settings > Screen Time > Content & Privacy Restrictions (masukkan password jika diminta) > iTunes & App Store Purchases > Deleting Apps kemudian pilih Allow, jika sudah silakan coba kembali.

Hapus Melalui Menu Pengaturan

Bisa jadi sulitnya menghapus aplikasi tersebut disebabkan oleh Bug pada iOS, silakan coba hapus aplikasi tersebut melalui Pengaturan caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone kemudian cari aplikasi yang akan dihapus lalu pilih Hapus App.

Logout / Login Apple ID


Sebelum melanjutkan pastikan kalian mengingat Apple ID yang digunakan untuk App Store ya, jika sudah silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > iTunes & App Store > (Apple ID kalian) > Keluar / Logout atau dapat melalui aplikasi App Store > (Tap ikon Akun) > Keluar jika sudah silakan hapus aplikasi yang tidak bisa dihapus, apabila sukses silakan login kembali Apple ID yang sebelumnya dilogout.

Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil pertimbangkan untuk mereset pengaturan pada iPhone, caranya silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Update iOS

Coba juga update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru melalui menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Untuk Aplikasi di Luar App Store

Apabila aplikasi yang tidak bisa dihapus diinstall dari luar App Store (misalnya sideload menggunakan Cydia Impactor, Sideloadly, TweakBox, AppValley dll.), kemungkinan kalian harus secara manual menghapus profil aplikasi tersebut melalui Pengaturan > Umum > Manajemen Profil & Perangkat kemudian pilih profil aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut lalu pilih Hapus Profil.

Untuk Aplikasi Jailbreak (diinstall dari Cydia / Sileo)


Apabila kalian pengguna iPhone yang sudah di-Jailbreak dan bingung kenapa aplikasi yang diinstall dari Cydia / Sileo tidak bisa dihapus karena memang sudah seperti itu ya.. hehe.. untuk menghapusnya tidak bisa melalui home screen atau menu pengaturan layaknya aplikasi biasa, untuk menghapusnya kalian harus masuk ke Cydia > Installed cari apps yang ingin dihapus kemudian pilih Modify > Remove > Confirm.

Apabila dengan cara-cara di atas aplikasi pada iPhone kalian tetap tidak bisa terhapus, pertimbangkan untuk melakukan reset iPhone ke pengaturan awal (kosong), caranya bisa kalian buka pada artikel berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Baik sekian dulu postingan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!