Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa Memperbarui / Update Aplikasi

Memperbarui aplikasi di iPhone adalah hal yang rutin di lakukan demi mendapatkan fitur-fitur baru atau perbaikan dan peningkatan lainnya, tapi apa jadinya jika aplikasi di iPhone kalian tidak dapat di perbarui / update?



Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kenapa aplikasi di iPhone, iPad atau iPod kalian tidak mau mendownload pembaruan / update Aplikasi melalui App Store, pada postingan ini saya akan membahas kemungkinan penyebabnya dan cara-cara untuk mengatasinya, kalau begitu langsung saja :

#1 : Cek Jaringan


Salah satu faktor penting dalam memperbarui aplikasi adalah koneksi Internet jadi sebelum melanjutkan ke cara-cara di bawah pastikan koneksi internet kalian masih dalam keadaan tersambung, jika menggunakan data seluler pastikan kuota kalian mencukupi, cek juga apakah jaringan sedang bagus atau tidak.

#2 : Jika Menggunakan Data Seluler

Apabila kalian memperbarui aplikasi menggunakan data seluler pastikan aplikasi yang akan di perbarui memiliki ukuran kurang dari 200MB jika lebih dari itu kalian harus menggunakan koneksi Wifi, kecuali bagi pengguna iOS 13 ke atas silahkan masuk ke Settings > iTunes & App Store > App Downloads kemudian pada Cellular Data pilih Always Allow untuk mendownload / memperbarui aplikasi lebih dari 200 MB menggunakan data seluler.

#3 : Nyalakan Airplane Mode

Trik ini biasanya dapat memperbaiki masalah saat mendownload aplikasi, caranya silahkan nyalakan Airplane Mode / Mode Pesawat tunggu beberapa detik kemudian matikan kembali, jika sudah kalian bisa mencoba lagi memperbarui aplikasinya.

#4 : Jeda / Pause Download Lalu Lanjutkan Lagi


Coba pause / jeda aplikasi saat mendownload dengan cara di sentuh / tap / ( 3D Touch > Pause Download ), jika sudah silahkan tap lagi untuk melanjutkan.

#5 : Restart iPhone

Cara Simplenya silahkan matikan iPhone kalian terlebih dahulu tunggu beberapa saat setelah itu nyalakan lagi iPhonenya dan silahkan coba kembali memperbarui Aplikasi.

#6 : Gunakan Jaringan yang Lain

Percaya tidak percaya cara ini berhasil mengembalikan aplikasi saya yang tidak mau mendownload, tentu cara ini bisa kalian coba juga dan apabila ternyata jaringan lainnya mau mendownload / memperbarui aplikasi maka ada kemungkinan terjadi gangguan pada jaringan yang kalian gunakan tadi.


#7 : Pastikan Ruang Penyimpanan Mencukupi

Apabila ruang penyimpanan pada iPhone kalian hanya tersisa sangat sedikit, pastikan kalian memberi ruang penyimpanan yang kosong sesuai dengan ukuran pada aplikasi yang ingin di update, hal ini di sebabkan karena aplikasi yang di update akan memakan lebih banyak peyimpanan saat mendownload, perlu di ketahui juga apabila ruang penyimpanan yang tinggal tersisa sangat sedikit dapat menyebabkan masalah-masalah lainnya pada iPhone.

#8 : Pastikan Tanggal di Atur dengan Benar


iPhone yang memiliki tanggal berbeda dengan yang aslinya akan membuat server ke Apple biasanya bermasalah sehingga berdampak pada tidak bisanya melakukan update pada aplikasi, nah untuk memperbaiki masalah ini silahkan atur tanggal kalian pada Settings > General > Date & Time kemudian nyalakan Set Automaticaly.

#9 : Logout kemudian Login Kembali


Silahkan logout / keluar dari akun Apple ID yang kalian gunakan kemudian login kembali, caranya silahkan masuk ke Pengaturan > iTunes & App Store > ( Apple ID kalian ) > Keluar / Logout jika sudah silahkan masuk ke menu yang sama kemudian login kembali, sekarang silahkan coba update lagi aplikasinya.

#10 : Pastikan Apple ID Yang di Gunakan Sama

Perlu di perhatikan bahwa ketika kalian mendownload aplikasi menggunakan Apple ID yang berbeda maka aplikasi tersebut akan terikat pada Apple ID tersebut jadi pastikan kalian menggunakan Apple ID yang sama seperti yang di gunakan untuk mendownload aplikasi tersebut, atau jika tidak mau ribet silahkan ikuti cara ke #9 di bawah ini

#11 : Hapus Aplikasi kemudian Download Lagi

Caranya sangat simple silahkan hapus aplikasi yang tidak bisa di update tersebut kemudian download kembali, catatan : jika aplikasi yang di hapus memiliki data yang penting silahkan di backup terlebih dahulu.

#12 : Reset Pengaturan


Apabila semua cara-cara di atas belum juga membuahkan hasil, silahkan reset pengaturan iPhone kalian ke pengaturan awal tanpa kehilangan data-data, caranya masuk ke Settings > General > Reset > Reset All Settings.

#13 : Update iOS

Ada kemungkinan iOS yang kalian gunakan bisa saja bermasalah, silahkan update ke iOS terbaru melalui menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila cara-cara di atas belum juga membuahkan hasil pertimbangkan untuk melakukan restore / reset iPhone ke pengaturan pabrik, caranya silahkan lihat pada artikel berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Sekian dulu postingan kali ini jika ada yang ingin di sampaikan, tanyakan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!