Cara Mudah Mengatasi Aplikasi iPhone Blank Putih / Tidak Mau Terbuka

Apabila kalian mengalami masalah di mana aplikasi yang ingin di buka ternyata blank putih alias tidak mau terbuka pada postingan kali ini saya akan membahas cara-cara memperbaikinya dan penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi.


Baik kalau begitu langsung saja silakan ikuti cara-caranya berikut ini :

#1 : Tutup Aplikasi di Latar


Kemungkinan besar yang pertama adalah aplikasi tidak merespon di karenakan bug atau semacamnya, bila hal ini terjadi silahkan coba tutup aplikasi dari latar belakang ( background ) kemudian tunggu beberapa detik sebelum di buka kembali.

#2 : Restart iPhone

Cara mudah silahkan matikan iPhone kalian untuk beberapa saat, setelah itu silahkan nyalakan lagi dan coba kembali.

#3 : Cek Jaringan

Apabila aplikasi yang ingin kalian buka tersebut merupakan aplikasi berbasis Online, pastikan koneksi internet pada iPhone kalian tersedia dan lancar, apabila koneksi internet tidak ada maka biasanya aplikasi berbasis online tersebut akan mengalami blank putih dan tidak kunjung terbuka.

#4 : Cek Sisa Kapasitas Penyimpanan


Kapasitas penyimpanan iPhone kalian hampir penuh? ya hal ini bisa menjadi penyebab utama kenapa aplikasi atau games yang kalian buka malah blank dan tidak kunjung terbuka, hal ini di sebabkan karena aplikasi atau games juga butuh ruang penyimpanan untuk menyimpan data-datanya, jika tidak ada lagi ruang penyimpanan tersisa maka aplikasi akan sulit terbuka atau bahkan tidak mau terbuka, jadi silahkan cek apakah iPhone kalian masih memiliki kapasitas ruang kosong atau tidak, jika tidak silahkan hapus beberapa file tidak penting untuk menambah ruang kapasitas penyimpanan, cara cek penyimpanan silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone.

#5 : Bug Aplikasi / Games ( Install ulang )

Bug atau kesalahan pasti selalu ada pada setiap program, maka dari itu bisa jadi masalah blank tersebut datang dari aplikasi itu sendiri, untuk memperbaikinya coba install ulang aplikasi tersebut dengan cara menghapusnya kemudian download kembali.

#6 : Reset ke Pengaturan Awal


Jika cara-cara di atas belum juga membuahkan hasil, cara ini patut kalian coba yaitu mereset pengaturan iPhone ke pengaturan awal ( catatan : password wifi, pengaturan apn seluler, password, data faceid/touch id akan terhapus jadi harus daftar lagi dari awal ), caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

#7 : Cek Apple ID

Apakah aplikasi tersebut di download menggunakan Apple ID yang berbeda? jika ya biasanya aplikasi akan bermasalah jika Apple ID yang kalian gunakan sekarang berbeda dengan saat mendownload aplikasi tersebut. Saran saya silahkan hapus aplikasi tersebut kemudian download ulang menggunakan Apple ID yang kalian gunakan saat ini.

#8 : Aplikasi Tidak Kompatibel

Masalah ini mungkin saja muncul ketika kalian baru saja mengupdate iOS kalian ke versi terbaru yang membawa banyak perubahan terutama pada manajemen Aplikasi, sedangkan aplikasi yang kalian gunakan tidak kunjung di update untuk menyesuaikan update iOS tersebut, kalau kalian juga yakin hal ini yang menjadi penyebabnya, tidak ada cara lain selain menunggu update dari developer aplikasi tersebut.

Khusus yang Menginstall Aplikasi di Luar App Store

Bagi yang menginstall aplikasi di luar App Store ( install menggunakan Cydia Impactor atau melalui toko aplikasi pihak ketiga tweakbox, appvalley dll ) biasanya aplikasi yang blank saat di buka merupakan bug dari aplikasi tersebut, silahkan hapus aplikasi tersebut kemudian install kembali, pastikan juga sertifikat aplikasi masih berlangsung dan tidak expired.

Karena biasanya aplikasi di luar App Store tidak melalui proses pengecekan dari Apple sehingga kemungkinan Bug atau Aplikasi tidak bekerja dengan normal sangatlah besar.

Jika Terjadi Pada Semua Aplikasi

Dalam kasus terparah jika hal ini terjadi pada seluruh aplikasi, kalian pastikan langkah ke #6 di atas dengen mengecek apakah aplikasi-aplikasi tersebut di install menggunakan Apple ID yang berbeda? apabila tidak dan cara-cara di atas tidak membuahkan hasil silahkan reset / restore iPhone kalian ke pengaturan awal melalui iTunes caranya dapat kalian baca disini : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Kemungkinan Lainnya

Jika setelah restore / mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik layaknya baru kembali tetapi masalah masih tetap muncul, sebaiknya kalian bawa ke service center authorized Apple di Indonesia atau ke tempat reparasi smartphone yang kalian percayai, karena ada kemungkinan baterai pada iPhone kalian sudah dalam kondisi yang sangat parah sehingga tidak lagi mampu memberikan dorongan performa yang di butuhkan saat membuka aplikasi atau games.

Jadi bagaimana apakah masalah kalian telah teratasi? jika ada yang ingin di sampaikan, tanyakan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. Teriam Kasih!