Cara Reset AirPods / AirPods Pro ke Pengaturan Pabrik

Bagi yang sekedar ingin memperbaiki AirPods yang sedang bermasalah atau mungkin ingin menjual AirPods tersebut, kalian dapat melakukan reset AirPods ke pengaturan pabrik.


Apple sendiri telah menanamkan fitur reset pada AirPods yang berfungsi untuk mengembalikan seluruh pengaturan pada AirPods ke pengaturan awal (pabrik), dengan melakukan reset pada AirPods seluruh data pada AirPods yang digunakan untuk mengenali perangkat yang terhubung dalam satu akun iCloud akan dihapus, dengan begini AirPods tidak akan otomatis lagi tersambung ke perangkat (iPhone / iPad) milik kalian yang sebelumnya terhubung secara otomatis.


Untuk melakukan Reset pada AirPods / AirPods Pro caranya sangatlah mudah:

AirPods 1 / 2

  1. Masukkan AirPods kalian ke dalam case, pastikan case tersebut sudah dicharge / dalam keadaan terisi
  2. Jika sudah silakan buka penutup Case AirPods
  3. Sekarang cari tombol kecil yang berada di bagian belakang case AirPods (tombol yang biasanya digunakan untuk menghubungkan AirPods)
  4. Tekan dan Tahan tombol tersebut sekitar 15 - 20 detik hingga lampu indikator pada AirPods berkedip Putih kemudian Kuning, hal tersebut menandakan bahwa AirPods kalian telah berhasil di reset

AirPods Pro

  1. Masukkan AirPods kalian ke dalam case, pastikan case tersebut sudah dicharge / dalam keadaan terisi
  2. Tunggu hingga sekitar 30 detik kemudian buka tutup case AirPods dengan posisi AirPods tetap di dalam
  3. Buka perangkat iPhone, iPad atau iPod kalian yang terhubung ke AirPods kemudian masuk ke menu Bluetooth kemudian pilih tanda (i) di samping nama AirPods kalian setelah itu pilih "Forget This Device"
  4. Sekarang cari tombol kecil yang berada di bagian belakang case AirPods (tombol yang biasanya digunakan untuk menghubungkan AirPods)
  5. Tekan dan Tahan tombol tersebut sekitar 15 - 20 detik hingga lampu indikator pada AirPods berkedip Putih kemudian Kuning, hal tersebut menandakan bahwa AirPods kalian telah berhasil direset

Setelah direset AirPods kalian tidak akan terhubung otomatis ke perangkat yang sebelumnya dikenali, untuk menghubungkan ulang tinggal lakukan seperti biasanya melalui menu Bluetooth di iPhone kalian.

Bagaimana gampang kan? jika ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah, Terima Kasih!