Cara Reset Pengaturan iPhone Tanpa Menghapus Data

Pengguna iPhone tidak lepas dari beragam masalah yang tiba-tiba muncul, entah itu karena salah atur pada bagian pengaturan atau ada masalah-masalah lainnya.. nah untuk memperbaikinya secara cepat dan simple kalian bisa melakukan reset pengaturan pada iPhone.


Mereset pengaturan pada iPhone tanpa menghapus data bukanlah hal yang sulit, kalian dapat melakukan reset seluruh pengaturan iPhone kembali ke pengaturan awal langsung dari iPhone kalian sendiri, bukan hanya itu saja ada juga beberapa pilihan untuk mereset pengaturan pada bagian tertentu, misalnya mereset pengaturan jaringan, reset susunan icon aplikasi, kamus pada keyboard dan layanan lokasi/privasi.

Sebagai catatan setelah melakukan reset pengaturan pada iPhone beberapa data informasi akan hilang misalnya saja: informasi password wifi yang tersimpan, pengaturan pada jaringan, sidik jari/face id harus daftar lagi dan lain sebagainya.

Sebelum melanjutkan ada baiknya sisakan sekitar 40 - 50% sisa daya pada baterai, jika sudah silakan ikuti caranya berikut ini :

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang

3. Jika sudah pilih menu Atur Ulang Pengaturan untuk me-reset pengaturan iPhone saja


Sebagai tambahan, apabila kalian hanya ingin mengatur ulang jaringan silakan pilih menu Atur Ulang Jaringan, atau jika ingin mengatur ulang susunan layar utama (pengaturan letak icon aplikasi) silakan pilih Atur Ulang Susunan Layar Utama, dan seterusnya.

Setelah reset selesai kalian akan langsung kembali ke menu utama iPhone (tergantung jenis reset yang kalian pilih).

Untuk melakukan reset lainnya kalian dapat menggunakan metode restore iPhone melalui iTunes, sebelumnya pastikan kalian membackup data-data kalian terlebih dahulu, hanya saja metode ini akan menghapus aplikasi yang telah didownload, jadi kalian harus mendownloadnya ulang ketika selesai melakukan reset (restore) melalui iTunes.

Oke sekian dulu postingan kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!