Cara Scan Virus dan Aplikasi Berbahaya di Android Tanpa Antivirus

Pada postingan kali ini saya akan membagikan trik cara mendeteksi ( scanning / memindai ) virus dan aplikasi berbahaya lainnya pada perangkat Android, tanpa harus mendownload atau menggunakan aplikasi antivirus tambahan.


Perlu di ketahui juga virus sendiri adalah program jahat yang dapat merusak bahkan mencuri data pengguna, maka dengan itu penting bagi pengguna Android untuk selalu berhati-hati dalam mendownload file-file atau aplikasi yang mencurigakan.

Baca Juga : Daftar 20 Kamera Smartphone Terbaik 2019 versi DXOMARK

Nah kali ini kita akan melakukan scanning atau pendeteksian virus dan aplikasi berbahaya lainnya menggunakan fitur Play Protect yang di miliki oleh Google Play, penasaran? langsung saja berikut caranya :

#1 : Pertama silahkan buka aplikasi PlayStore

#2 : Lalu buka bagian menu ( tanda 3 strip yang berada pada pojok kiri atas, contohnya gambar di bawah ) kemudian pilih lagi menu Play Protect.


#3 : Setelah itu pilih tombol panah melingkar ( contohnya seperti yang di tunjuk panah pada gambar di bawah ) fungsinya untuk melakukan scanning ulang terhadap virus atau aplikasi berbahaya lainnya.


#4 : Nah jika statusnya Looks good ( No harmful apps found ) berarti Play Protect dari PlayStore ini tidak mendeteksi adanya aplikasi yang dapat membahayakan perangkat Android kalian.

Bagaimana gampang kan?

Fitur Play Protect pada Google Play ini sangatlah membantu di kala kalian belum menginstall aplikasi antivirus, tentu saja kalian bisa mempercayakan Play Protect sebagai salah satu pemindai Virus dan Aplikasi Berbahaya yang ampuh, meskipun begitu jika kalian ragu kalian dapat menginstall antivirus tambahan lainnya yang tersedia secara gratis maupun berbayar di dalam Play Store.

Baik sekian dulu postingan kali ini, jika ada yang ingin di sampaikan, tanyakan atau bahkan ada yang mau di tambahkan? silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Antutu: Skor Benchmark iOS dan Android Tidak Bisa di Bandingkan