Qwertyoruiopz Kembali Bocorkan Jailbreak iOS 13.2

Akhir-akhir ini nama Checkra1n sering menyita perhatian komunitas Jailbreak karena bocoran demi bocoran proses pengerjaan jailbreak iOS 13 yang terus di beberkan, salah seorang hacker sekaligus developer jailbreak, Qwertyoruiopz kembali membocorkan informasi Jailbreak Checkra1n melalui postingan gambarnya di twitter.


Pada postingan kali ini terlihat Qwertyoruiopz mengunggah gambar yang menunjukkan iPod dengan iOS 13.2 yang sudah terinstall Cydia.



Jika beberapa hari kemarin kita melihat bocoran jailbreak checkra1n untuk iOS 13.1.3 dan iOS 13.1.4 pada bocorannya kali ini checkra1n menunjukkan dukungan jailbreaknya untuk iOS 13.2 terbaru, keajaiban cepatnya dukungan jailbreak ini bukan di sebabkan oleh Apple tidak menutup Patch keamanan pada iOS 13.2 tersebut, melainkan hal ini di sebabkan oleh exploit Checkm8 yang di gunakan oleh jailbreak Checkra1n.

Checkm8 merupakan exploit bootrom yang sempat menghebohkan komunitas jailbreak, dimana exploit ini tidak dapat di tambal oleh Apple melalui update software berapapun, kenapa bisa begitu? checkm8 merupakan exploit yang di dasarkan pada hardware dan bukan software, maka dengan itu perangkat yang terimbas akan mendapatkan akses jailbreak selamanya.

Beberapa perangkat yang terdampak exploit checkm8 adalah : iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPhone 6 / Plus, iPhone SE, iPhone 6S / Plus, iPhone 7 / Plus, iPhone 8 / Plus hingga iPhone X.

Maka dari itu kemungkinan besar jailbreak checkra1n ini hanya akan mendukung iPhone 6S hingga iPhone X dengan iOS 13 dan ada tapinya nih.. beredar kabar juga bahwa kemungkinan besar jailbreak checkra1n akan berstatus semi-tethered mengikuti exploit checkm8, status semi-tethered ini sendiri artinya kalian akan membutuhkan komputer untuk mengaktifkan ulang jailbreak setiap kali iPhone tersebut restart / mati.

Bagaimana pendapat kalian tentang jailbreak Checkra1n ini? tuliskan pada kolom komentar di bawah ya..