Penyebab dan Cara Memperbaiki Alarm iPhone Tidak Bunyi

Alarm adalah salah satu fitur penting yang biasanya di gunakan untuk membangunkan kita di pagi hari, tapi apa jadinya jika alarm pada iPhone ternyata tidak bunyi atau tidak bekerja sebagai mana mestinya? tentu jadwal kita akan terganggu dan kacau balau.


Pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki alarm iPhone yang tidak mau bunyi.

Untuk melakukan cek apakah Alarm bekerja atau tidak silahkan atur jadwal alarm 1 menit, kemudian kunci layar iPhone dan tunggu.. lalu lihat hasilnya apakah alarm bunyi atau tidak.

#1 : Cek Volume

Pastikan Volume pada iPhone kalian dalam keadaan penuh ketika alarm di nyalakan, jika ragu silahkan masuk ke Pengaturan > Bunyi & Haptik kemudian besarkan volume ke paling besar.

#2 : Cek Tombol Silent


Di setiap model iPhone memiliki tombol Silent yang terletak pada bagian samping kiri atas iPhone, pastikan tombol tersebut berada di atas dan bukan di bawah, hal ini juga sering menjadi penyebab yang tidak di sadari pengguna iPhone yang merasa bahwa iPhone mereka tidak bunyi saat menerima panggilan, notifikasi dan lain sebagainya.

#3 : Cek Jadwal Alarm


Apabila alarm kalian terjadwal, silahkan cek kembali apakah ada hari yang terlewati / di kecualikan oleh alarm, caranya klik tombol Edit kemudian pilih Alarm yang aktif setelah itu pilih menu Ulangi dan cek apakah ada hari yang terlewati, jika ya silahkan pilih hari tersebut sehingga muncul tanda centang yang menandakan alarm akan aktif pada hari itu.

#4 : Hapus buat Lagi

Trik simple ini terbukti berhasil bagi sebagian orang, caranya kalian hapus alarm yang sedang aktif sekarang kemudian buat kembali alarm sesuai keinginan kalian, pastikan kalian mengatur jadwal alarm dengan benar, coba baca cara ke #3 di atas.

#5 : Restart iPhone

Bisa saja aplikasi atau sistem iOS bermasalah karena Bug, biasanya dengan melakukan restart masalah akan teratasi, caranya silahkan matikan iPhone kalian setelah beberapa saat nyalakan kembali.

#6 : Cek menu " Waktu Tidur "


Apabila kalian menyalakan fitur Waktu Tidur, bisa saja ada kesalahan atau konflik antara alarm dan fitur Bangun yang ada pada menu Waktu Tidur, kalau bisa silahkan nonaktifkan fitur Waktu Tidur atau sesuaikan jadwal bangunnya.

#7 : Gunakan Alarm Bawaan iPhone Saja

Apabila kalian menggunakan aplikasi Alarm dari App Store, silahkan di hapus atau di nonaktifkan saja karena bisa saja aplikasi pihak ketiga tersebut dan aplikasi alarm pada iPhone mengalami bentrok sehingga alarm tidak dapat di aktifkan, pastikan kalian hanya menggunakan 1 aplikasi alarm yang aktif.

#8 : Cek Sambungan Bluetooth

Apabila ada perangkat yang terhubung dengan bluetooth misalnya Headset, Earphone, AirPods atau lain sebagainya bisa saja hal ini menyebabkan bug yang dapat berimbas pada suara alarm yang tidak muncul, jadi silahkan putuskan sambungannya terlebih dahulu kemudian lihat hasilnya.

#9 : Reset Pengaturan


Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, coba reset pengaturan iPhone kalian ke pengaturan awal tanpa menghapus data, caranya silahkan buka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

#10 : Update iOS

Cara terakhir ini seharusnya bisa memperbaiki alarm pada iPhone kalian yang tidak mau bunyi, silahkan update iOS kalian ke versi terbaru melalui menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak setelah di update ke versi iOS paling baru silahkan coba gunakan alarmnya kembali.

Bagaimana? seharusnya dengan mengikuti tips atau cara-cara di atas alarm pada iPhone kalian sudah berfungsi dengan normal, jika tidak juga pastikan iPhone kalian masih dapat mengeluarkan suara.

Baik sekian dulu postingan kali ini jika ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!