Settingan Minecraft PE di Android dan iPhone Agar Tidak Lag

Minecraft merupakan game Open World tempat kita bisa mengkreasikan kreativitas dengan membangun bangunan apa saja menggunakan bahan-bahan yang sudah disediakan, sistem permainannya cukup sederhana namun dapat menghasilkan karya yang luar biasa.


Meskipun begitu beberapa pengguna smarphone Android dan iOS sering mengalami Lag pada game Minecraft PE ini, penyebabnya bermacam-macam tetapi yang pasti biasanya datang dari spesifikasi Smartphone tersebut yang tidak kuat menjalankan game Minecraft PE secara penuh, apalagi ditambah dengan semakin besarnya kreasi bangunan kita di minecraft maka akan semakin besar juga performa yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa mengikuti tips-tips berikut ini :

Tutup semua Aplikasi yang Terbuka dan Sisakan Minecraft PE saja

Cara ini adalah cara terdasar dalam mengatasi Minecraft PE yang lag, silakan tutup semua aplikasi lainnya yang terbuka menyisakan Minecraft PE saja, hal ini akan membantu Minecraft PE dalam menggunakan Memori / RAM yang lebih banyak sehingga mampu mengurangi lag.

Atur Pengaturan Grafik

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab utama mengapa Minecraft PE menjadi lag dan tidak playable, apabila kalian menggunakan Smartphone Android Gaming atau iPhone model terbaru tentu tidak menjadi masalah mengatur kualitas grafik ke paling tinggi, namun apabila perangkat kalian sudah berumur apalagi memiliki ram yang kecil kalian bisa menurunkan kualitas grafik demi memperlancar permainan, caranya :

1. Buka game Minecraft kalian kemudian pilih menu Settings

2. Kemudian pilih menu Video lalu nonaktifkan menu :

  • View Bobbing
  • Fancy Bubbles
  • Render Clouds (efeknya tampilan awan putih akan menghilang)
  • Beautiful Skies
  • Smooth Lighting
  • Fancy Graphics


3. Atur Juga menu FOV menjadi standard 60.00, sebenarnya semakin kecil FOV akan semakin mengurangi lag, hanya saja layar game akan menjadi terlalu Zoom (terlalu dekat).


4. Sekarang yang paling penting masih di menu Video dipaling bawah silakan geser Render Distance menjadi sekecil mungkin saran saya 6 atau 8 chunks.


Update Game ke Versi Terbaru

Bagi pengguna Android silakan cek update Minecraft versi terbaru di PlayStore dan bagi pengguna iOS silakan cek di App Store, apabila tersedia pembaruan langsung saja diperbarui / update.

Nonaktifkan Mode Hemat Daya

Apabila kalian menyalakan mode hemat daya maka biasanya smartphone akan membatasi kinerjanya, untuk hasil yang optimal silakan nonaktifkan mode hemat daya (low power mode) jika sedang menyala / aktif.

Update OS (software) ke Versi Terbaru

Biasanya developer Smartphone akan terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja smartphonenya melalui pembaruan OS, jadi silakan cek pembaruan OS / Software melalui menu pengaturan.

Seharusnya dengan mengikuti cara-cara di atas game Minecraft yang tadinya lag setidaknya sudah agak berkurang, perlu diketahui juga bahwa game Minecraft sebenarnya merupakan salah satu game yang cukup ringan untuk dijalankan, jadi apabila dengan menggunakan settingan terendah sekalipun masih tetap lag, tentu saja opsi terbaik adalah dengan melakukan upgrade smartphone kalian.

Dalam beberapa kasus tertentu saya pernah menemukan sekelas Smartphone Android High-End masih lag memainkan game Minecraft ini, diketahui lag tersebut disebabkan kurangnya dukungan dari game Minecraft itu sendiri terhadap hardware yang digunakan oleh Smartphone tersebut, apabila masalah ini terjadi pada kalian, silakan menunggu update dari pihak developer Minecraft itu sendiri.

Baik sekian dulu postingan kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!