Apa Perbedaan Antara iPhone Singapura, Hongkong, Malaysia, USA

Apabila kalian ingin membeli iPhone terutama di toko-toko online, bukan hanya terdapat perbedaan dari sisi harga, kapasitas, dan model pada iPhone itu saja, melainkan ada juga perbedaan dari sisi di mana iPhone tersebut berasal, misalnya yang paling umum beredar di Indonesia adalah iPhone yang berasal dari Singapura, Hongkong dan Malaysia.


Namun apa sih perbedaan iPhone di lihat dari tempat asalnya? apakah iPhone dari Singapura dan Malaysia berbeda? begitu juga dengan iPhone dari yang lainnya? untuk mesin, kualitas dan fungsionalitas saya rasa hampir semuanya sama. Namun ada beberapa hal yang membedakan antara iPhone-iPhone yang berbeda tempat asal tersebut, hal ini dapat terjadi karena adanya peraturan khusus pada masing-masing tempat tentang penggunaan iPhone di tambah dengan beberapa penyesuaian lainnya.


Kalau begitu langsung saja, berikut sudah admin rangkum beberapa perbedaan yang terdapat pada iPhone dengan asal tujuan tempat yang berbeda-beda.

#1 : Aksesoris

Beberapa aksesoris terutama Adaptor Charger memiliki ujung colokan ke listrik yang berbeda-beda, misalnya charger di Singapura dan Hongkong rata-rata yang menggunakan colokan 3 kaki sedangkan charger di USA biasanya menggunakan colokan gepeng kaki 2, untuk hal inilah dapat terjadinya perbedaan pada aksesoris yang dibawa iPhone dimasing-masing tempat tujuan.

#2 : Peraturan Khusus

Bagi yang suka membeli iPhone pasti tau ya istilah " Kamera Silent " yang artinya apakah kamera iPhone tersebut bisa tidak berbunyi jika digunakan untuk mengambil gambar. Ya dibeberapa negara ada peraturan yang mengharuskan iPhone membunyikan suara saat mengambil gambar seperti iPhone yang berasal dari Korea Selatan dan Jepang. Contoh lainnya datang dari negara Uni Emirat Arab yang tidak mengizinkan penggunaan fitur Facetime pada iPhone yang beredar di negara mereka.

#3 : Perbedaan Dual SIM

Untuk beberapa model iPhone XS dan 11 sudah mendukung fitur Dual Nano-SIM namun terbatas pada iPhone yang berasal dari Tiongkok, Hong Kong dan Macau. Untuk iPhone yang berasal dari tempat lainnya mendapatkan Dual SIM Nano + eSIM.

#4 : Perbedaan Garansi

iPhone yang beredar di Indonesia kesulitan dalam menangani garansi hal ini disebabkan layanan Apple yang tidak tersedia secara resmi di Indonesia, maka dari itu memikirkan garansi adalah hal yang penting sebelum membeli iPhone, misalnya saja iPhone yang berasal dari Singapura akan lebih mudah dan cepat untuk melakukan proses claim garansi dari pada iPhone yang berasal dari USA. Faktor jarak sangat mempengaruhi proses claim garansi.

#5 : Harga

Harga iPhone dimasing-masing tempat asal memiliki tarif harganya masing-masing, misalnya saja iPhone 8 yang dijual di USA di mulai dari harga $449 sedangkan di inggris jauh lebih mahal yaitu $598.

Satu lagi, pastikan iPhone yang dibeli dari luar tidak terikat satu operator tertentu ya.. contohnya iPhone dari USA yang biasanya terikat kontrak dengan operator AT&T atau T-Mobile sehingga tidak dapat menggunakan kartu sim operator di Indonesia, jadi sebelum membeli, pastikan kalian memilih iPhone tipe FU ( factory unlock ) yang tidak terikat pada jaringan manapun.

Bagaimana menurut kalian? berbeda negara berbeda juga harga iPhone tersebut, lamanya claim garansi juga tergantung dari mana iPhone tersebut berasal. Kalau untuk perbedaan adaptor charger sepertinya disini sudah banyak steker yang dapat merubah colokan kaki 3 ke kaki 2 sesuai dengan standar colokkan di Indonesia jadi tidak perlu khawatir, namun bagi yang tidak suka kalau kameranya harus bunyi ketika mengambil gambar lebih baik kalian hindari iPhone yang berasal dari negara Jepang atau Korea Selatan, apalagi iPhone yang berasal dari UEA yang katanya tidak bisa Facetime. hmm..