Cara Membackup Data dan Informasi Pada Apple Watch

Bagi kalian yang sering melakukan berbagai macam aktivitas menggunakan Apple Watch seperti berolah raga, menghitung detak jantung, jarak langkah dan lain sebagainya sangat penting untuk membackup seluruh riwayat data-data tersebut. Namun bagaimana cara membackup data-data pada Apple Watch?


Backup Data-Data atau Informasi dalam Apple Watch

Sebenarnya data-data pada Apple Watch akan otomatis terbackup bersamaan dengan di backupnya data pada iPhone yang tersambung dengan Apple Watch tersebut, jadi misalnya kalian membackup data iPhone kalian ke iCloud atau iTunes maka otomatis data pada Apple Watch juga otomatis akan terbackup.

Daftar data yang di backup dari Apple Watch seperti yang di kutip dari halaman bantuan Apple, yaitu :

  • Data khusus app (untuk app internal) dan pengaturan (untuk app internal dan pihak ketiga). Misalnya, Peta, jarak, unit, dan pengaturan untuk Mail, Kalender, Saham, dan cuaca. 
  • Tata letak app di Layar Utama
  • Pengaturan tampilan Jam, termasuk tampilan jam, kustomisasi, dan urutan saat ini 
  • Pengaturan Dock, termasuk urutan, baik diurutkan berdasarkan favorit atau terbaru, dan app yang tersedia 
  • Pengaturan sistem umum, seperti pengaturan wajah jam, kecerahan, suara, dan haptic
  • Data Kesehatan dan Kebugaran, seperti riwayat, pencapaian, data kalibrasi Olahraga dan Aktivitas dari Apple Watch, dan data yang dimasukkan pengguna (Untuk mencadangkan data Kesehatan dan Kebugaran, Anda harus menggunakan iCloud atau cadangan iTunes yang dienkripsi.)
  • Pengaturan pemberitahuan
  • Daftar putar, album, dan campuran yang diselaraskan ke Apple Watch dan pengaturan Musik
  • Pengaturan Umpan Balik Suara Siri untuk Apple Watch Series 3 atau versi lebih baru yang mengontrol saat Siri berbicara 
  • Album foto tersinkronisasi (Untuk melihat sinkronisasi album, buka app Apple Watch, ketuk tab Jam Saya, lalu ketuk Foto > Album Tersinkronisasi). 
  • Zona Waktu

Dan data berikut tidak masuk dalam daftar data yang di backup pada Apple Watch :

  • Pemasangan Bluetooth
  • Kartu kredit atau debit yang digunakan untuk Apple Pay pada Apple Watch
  • Kode sandi untuk Apple Watch

Backup Data dengan Cara Unpair Apple Watch

Selain data pada Apple Watch akan terbackup otomatis dengan di backupnya iPhone yang di sambungkan, kalian juga dapat membackup data pada Apple Watch dengan cara memutuskan atau unpair antara Apple Watch dengan iPhone yang kalian gunakan, cara ini sangat cocok di terapkan apabila kalian ingin menjual Apple Watch tersebut, untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

#1 : Buka aplikasi Watch pada iPhone ( pastikan iPhone dan Apple Watch dalam jarak yang tidak jauh )

#2 : Kemudian pilih menu Apple Watch kalian

#3 : Sekarang tap pada menu info bertanda (i) disamping nama Apple Watch

#4 : Setelah itu silahkan pilih menu Unpair Apple Watch

#5 : Ikuti prosesnya sampai selesai, silahkan masukkan juga Akun Apple ID untuk menghapus Activation Lock pada Apple Watch

#6 : Dalam proses Unpair tersebut iPhone akan otomatis membackup data-data pada Apple Watch, jangan lupa backup juga data pada iPhone untuk mengamankan data-data pada Apple Watch yang telah terbackup.

Untuk cara mereset atau restore Apple Watch kembali ke pengaturan pabrik dan menjadi seperti baru lagi silahkan buka dan baca pada artikel berikut : Cara Reset / Restore Apple Watch ke Pengaturan Pabrik 

Bagaimana gampang kan? sebenarnya kalian tidak perlu khawatir dengan data-data pada Apple Watch selama kalian rajin juga membackup data-data pada iPhone, karena data pada Apple Watch akan otomatis terbackup bersamaan dengan di backupnya data pada iPhone yang tersambung dengan Apple Watch tersebut.

Baik sekian informasi yang dapat saya sampaikan, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!