Cara Menghentikan dan Menghapus File Pembaruan / Update iOS di iPhone

Melakukan update / pembaruan terhadap sistem iOS pada pada iPhone, iPad atau iPod kalian adalah hal yang sangat dianjurkan demi menjaga iPhone tetap dalam performa terbaiknya, stabil, aman dan bebas dari bug yang mengganggu selain itu juga ada beberapa fitur yang ditambahkan oleh Apple.


Meskipun begitu ada saja alasan hal yang membuat kita enggan untuk melakukan update pada iOS, misalnya saja menggunakan wifi dengan limit kuota terbatas, jaringan sedang lemot sehingga membuat iPhone cepat panas, membuka sosmed atau menggunakan internet menjadi lemot akibat terbagi bandwithnya, enggan upgrade karena menunggu jailbreak dan lain sebagainya.

Solusinya tentu saja kalian dapat menghentikan update tersebut, ya.. memang menghentikan update di iOS tidak dapat dilakukan langsung melalui menu Pembaruan Perangkat Lunak, Ada Triknya! nah untuk trik menghentikan update iOS dan menghapus file update tersebut caranya sangatlah mudah, silahkan ikuti cara-caranya berikut ini :

#1 : Pastikan iPhone kalian dalam kondisi tersambung ke Internet

#2 : Apabila sudah silahkan buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu masuk ke menu Umum > Penyimpanan iPhone

#3 : Sekarang cari dan pilih file iOS yang sedang di download, misalnya saya sedang update ke iOS 13.3 maka akan muncul file update iOS 13.3, contohnya bisa kalian lihat gambar di bawah


#4 : Apabila sudah ketemu silahkan pilih file tersebut kemudian pilih lagi menu Hapus Pembaruan > Hapus Pembaruan


#5 : Selesai deh, sekarang cek lagi pada Umum > Pembaruan Perangkat Lunak update iOS telah berhasil di hentikan, untuk mengupdate ulang silahkan pilih lagi menu Update dan Instal.

Bagaimana gampang kan? dengan menghentikan update maka file update iOS yang sudah terdownload akan terhapus dan harus download ulang dari awal apabila ingin mengupdate nantinya.

Selain itu untuk mencegah iOS kembali mengupdate secara otomatis silahkan matikan fitur Pembaruan Otomatis, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis kemudian nonaktifkan.

Baik sekian dulu informasi yang dapat saya berikan, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!