Cara Screenshot Panjang / Full Halaman di iPhone

Screenshot, Screen Capture, atau Cuplikan Layar adalah tindakan untuk menangkap tampilan pada layar kemudian secara umum mengubahnya menjadi sebuah file gambar.


Kabar baiknya terutama bagi yang suka mengambil informasi dari website menggunakan Screenshot, dimulai dari iOS 13 Apple memberikan fitur "Screenshot Full Page" atau Screenshot Panjang sehingga pengguna tidak perlu mengambil screenshot berulang-ulang lagi, cukup satu kali untuk semua halaman.

Tetapi, entah kabar baik atau buruk hasil dari screenshot panjang di iPhone ini ternyata bukan merupakan file dengan format gambar atau foto melainkan disimpan dalam format .PDF atau dokumen.

Baca Juga : Cara Membuat dan Menggunakan Stiker Memoji di Semua iPhone

Dengan begitu hasil dari Screenshot panjang tidak akan disimpan dalam galeri foto melainkan disimpan dalam aplikasi "File".

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara melakukan screenshot panjang / full halaman di iPhone:

1. Silakan ambil screenshot pada halaman yang diinginkan

Cara ambil screenshot :

  • Untuk seri iPhone 5, 6, 7, 8, SE, SE 2 (dengan tombol home): Tekan tombol Power / Samping dan tombol Home secara bersamaan (langsung lepas dan jangan ditahan tombolnya )
  • Untuk iPhone X dan lebih baru: Silakan tekan tombol Volume Atas dan Power / Samping secara bersamaan (langsung lepas dan jangan ditahan tombolnya)

2. Setelah itu klik pada Preview (gambar kecil) yang muncul di pojok kiri bawah setelah screenshot di ambil

3. Sekarang pada menu Halaman Penuh / Full Page, contohnya seperti gambar dibawah berikut :


4. Kalian juga dapat mengedit screenshot terlebih dahulu jika mau dengan menu-menu yang ada di bagian samping kanan atau bawah, apabila sudah silakan pilih Selesai yang ada dipojok kiri atas lalu pilih Simpan PDF ke File kemudian pilih menu Di iPhone Saya.

5. Sekarang buka aplikasi File yang ada di iPhone


6. Kemudian masuk ke menu Di iPhone Saya atau (tergantung lokasi tempat yang dipilih tadi) untuk melihat hasil screenshot full halaman.


7. Setelah dibuka usap gambar (file pdf) ke bawah untuk melihat gambar secara full satu halaman

8. Untuk membagikan Screenshot tersebut silakan sentuh dan tahan pada screenshotnya kemudian pilih Bagikan, file akan tetap dikirim dalam bentuk PDF.


Baik itu dia cara Screenshot Panjang / Full Halaman di iPhone dan cara membagikannya. Apabila masih bingung dengan cara-cara diatas silakan tinggalkan pertanyaan kalian pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Download File di iPhone Menggunakan Browser Safari