Cara Membuat dan Menggunakan Stiker Memoji Disemua iPhone iOS 13

Memoji adalah sebutan untuk emoji / emoticon yang di kembangkan sendiri oleh Apple khusus untuk pengguna iOS iPhone maupun iPad, Memoji memiliki karakteristik tersendiri yang unik mulai dari wajah karakternya yang dapat di modifikasi sesuai keinginan sampai dengan tambahan beberapa karakter unik dan lucu lainnya seperti hewan, robot sampai hantu.


Jika dulu karakter memoji ini hanya dapat dibuat menggunakan iPhone yang memiliki teknologi Face ID, di iOS 13 Apple telah menambahkan fitur untuk membuat karakter Memoji ini untuk semua pengguna iPhone termasuk iPhone yang tidak memiliki teknologi Face ID.

Lalu apa bedanya Animoji dan Memoji?

Perbedaanya kalau Animoji adalah karakter 3D yang sudah disediakan oleh Apple misalnya saja ada karakter robot, hantu, jerapah dan lain-lain. Sedangkan Memoji merujuk pada karakter yang kalian buat dan edit sendiri, karakter memoji juga dapat di gunakan secara 3D pada iPhone yang mendukung Face ID.

Baca Juga : Cara Membuat dan Merekam Video Vlog Dengan Wajah Memoji / Animoji di iPhone

Bagaimana Cara Menggunakan Stiker Memoji di iPhone?

Cara membuat dan menggunakan stiker memoji di iPhone sangatlah mudah, pertama pastikan terlebih dahulu iPhone atau iPad kalian sudah di upgrade ke iOS 13, apabila sudah silahkan ikuti cara-caranya berikut ini :

#1 : Silahkan buka salah satu aplikasi Chat untuk mengetes Memoji contohnya WhatsApp, hal ini karena tidak semua aplikasi mendukung penggunaan stiker Memoji.

#2 : Setelah itu pada menu Keyboard buka menu Emoji


#3 : Sekarang geser menu Emoji ke bagian paling kiri, jika sudah pilih menu 3 titik seperti yang di tunjukkan pada gambar dibawah selanjutnya pilih lagi icon tanda tambah


#4 : Sekarang silahkan desain sendiri karakter memoji yang kalian inginkan, terdapat banyak menu yang dapat digunakan untuk mempercantik memoji sesuai dengan keinginan masing-masing, apabila sudah silahkan pilih menu Selesai yang berada di pojok kanan atas.


#5 : Sekarang Memoji kalian sudah jadi dan siap digunakan sebagai stiker untuk dikirimkan ke orang lain :)


#6 : Untuk mengakses stiker Memoji silahkan buka kembali menu Emoji pada keyboard kalian

Cara Menambah, Edit dan Hapus Stiker Memoji

Untuk menambahkan, mengedit stiker memoji yang sudah ada ataupun menghapusnya caranya sangat mudah, pertama buka menu Emoji kemudian pilih menu 3 titik lalu pilih lagi menu 3 titik seperti yang ditunjukkan gambar dibawah, sekarang pilih menu Memoji Baru untuk membuat memoji baru, menu Edit untuk mengedit memoji, menu Duplikatkan untuk menyalin menduplikatkan memoji dan pilih menu Hapus untuk menghapus memoji tersebut.


Bagaimana gampang kan? stiker memoji yang sudah kalian buat tersebut dapat dikirimkan ke berbagai aplikasi chat atau sosial media yang mendukung, apabila aplikasi tidak mendukung maka stiker memoji tidak akan muncul pada layar keyboard.

Dengan stiker memoji kalian dapat lebih mengekspresikan apa yang kalian rasakan dengan cara yang lebih unik dan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Baik sekian dulu tutorial kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah Terima Kasih :)