Tips Memperkecil Ukuran Video Saat Merekam Di iPhone

Tidak diragukan lagi kualitas kamera yang dimiliki oleh iPhone memang yang terbaik saat ini, apalagi untuk urusan perekaman Video yang seringkali digunakan oleh banyak vlogger bahkan sampai produser musik ternama sekalipun.

Baca Juga : Selena Gomez Rilis Video Musik yang di Buat Menggunakan iPhone 11 Pro


Namun beberapa pengguna iPhone tidak sedikit yang mengeluhkan ukuran video yang dihasilkan dari rekaman kamera iPhone cukup besar dan memakan banyak ruang penyimpanan, hal ini tentu saja lebih dirasakan lagi oleh pengguna iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang kecil. Sebenarnya ukuran video di iPhone bisa kalian kurangi hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Besarnya Ukuran Video disebabkan Tingginya Kualitas Video yang di Hasilkan

Ya, perlu dicatat bahwa semakin tinggi kualitas Video dan Framerate yang dihasilkan maka akan semakin besar ukuran video tersebut, sebagai contoh saja untuk merekam video dengan resolusi 4K dan 30FPS kita membutuhkan penyimpanan sekitar 170 MB setiap menitnya, ukuran itu akan bertambah dua kali lipat apabila menggunakan 60 FPS.

Menggunakan Format Video yang Paling Kompatibel

iPhone sendiri memberikan dua pilihan format saat merekam video maupun mengambil foto, yang pertama adalah format HEIF/HEVC dengan tingkat efisiensi tinggi yang mampu meredam ukuran file video/foto, sedangkan yang kedua format adalah JPEG/H.264 dengan kompatibilitas tinggi tetapi memiliki ukuran yang lebih besar dari format HEIF/HEVC.

Lalu Bagaimana Tips Memperkecil Ukuran Hasil Rekaman Video di iPhone?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas hanya 2 hal tersebutlah yang paling berpengaruh untuk mengurangi ukuran rekaman video di iPhone, kalau begitu langsung saja berikut cara mengurangi ukuran rekaman video di iPhone :

#1 : Gunakan Format HEIF/HEVC

Pastikan kalian menggunakan format HEIF / HEVC dengan format tersebut ukuran rekaman video di iPhone dapat diperkecil hingga berkisar 50%, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Kamera > Format kemudian pilih menu Efisiensi Tinggi.


#2 : Turunkan Resolusi dan Framerate Video

Resolusi dan Framerate adalah salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap ukuran video itu sendiri, misalnya saja merekam resolusi HD 1080p 60 FPS selama 1 menit dapat memakan kapasitas berkisar 90 MB sedangkan merekam dengan resolusi HD 720p 30FPS selama 1 menit hanya memakan kapasitas 40 MB saja.


Meskipun begitu perlu di ketahui dengan menurunkan resolusi dari 4K menjadi 1080p atau 720p akan menurunkan ketajaman gambar pada video sedangkan menurunkan Framerate dari 60 ke 30 atau 24 FPS akan menurunkan tingkat kehalusan dalam video.

Rajin Backup!!!

Meskipun cara-cara diatas dapat diterapkan untuk mengurangi ukuran video tetap saja Backup adalah salah satu hal yang paling penting dilakukan, dengan memindahkan data-data video kalian yang berukuran besar ke komputer atau harddisk external, bukan hanya mengurangi ruang penyimpanan di iPhone tetapi hal ini juga dapat mengamankan data kalian sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada iPhone.

Sekian informasi dan tips dalam memperkecil ukuran rekaman video di iPhone, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!