Cara Membuat dan Merekam Video Dengan Wajah Memoji / Animoji di iPhone

Animoji dan Memoji adalah sebutan untuk emoji atau emoticon terbaru milik Apple, dengan Memoji kalian dapat mendesain sendiri karakter 3D yang kalian inginkan mulai dari desain rambut, wajah, alis, bibir dan beberapa aksesoris lainnya, sedangkan Animoji adalah karakter 3D yang sudah di sediakan seperti karakter Hantu, Robot, Alien dan lain sebagainya.

[ Gambar : Apple ]

Selain dapat menjadikan Memoji / Animoji sebagai stiker pesan chat, Animoji / Memoji dapat juga di jadikan sebagai tampilan untuk menggantikan wajah kalian saat merekam atau membuat video vlog. Jadi karakter memoji yang sudah kalian buat atau Animoji akan menggantikan wajah kalian saat melakukan perekaman, uniknya karakter tersebut dapat mendeteksi setiap pergerakan otot wajah kalian mulai dari sedang senyum, cemberut hingga menjulurkan lidah.

Namun untuk membuat video vlog dengan karakter wajah memoji dan animoji hanya dapat di lakukan oleh iPhone yang memiliki fitur Face ID seperti : iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan seterusnya..

Untuk iPhone lainnya yang tidak memiliki Face ID seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone 6S atau lebih lama kalian hanya terbatas untuk membuat karakter Memoji / Animoji untuk stiker saja, caranya silahkan baca disini : Cara Membuat dan Menggunakan Stiker Memoji di Semua iPhone iOS 13

Membuat Rekaman Klip Video Memoji / Animoji Sederhana

Bagi yang hanya ingin membuat Video Animoji sederhana tanpa latar, kalian dapat mengikuti cara-cara pada postingan berikut: Cara Membuat Video Rekaman Wajah Memoji / Animoji di iPhone dan iPad

Cara membuat Video Vlog dengan Wajah Memoji Animoji

#1 : Silahkan download terlebih dahulu Aplikasi " Clips " melalui App Store, berikut linknya : Download Clips

#2 : Setelah itu silahkan buka aplikasi Clips kemudian pilih menu icon seperti yang di tunjukkan gambar di bawah berikut


#3 : Setelah itu pilih menu Animoji dan silahkan pilih karakter yang kalian ingin gunakan ( jika sebelumnya kalian belum membuat karakter Memoji akan muncul icon tanda tambah untuk membuat memoji ).


#4 : Setelah karakter memoji / animoji di pilih silahkan tap icon X yang ada di samping kanan

Pastikan jarak antara kamera iPhone dan wajah kalian tidak terlalu dekat.

#5 : Sekarang untuk mulai merekam video Vlog menggunakan wajah Memoji / Animoji tersebut silahkan tekan dan tahan icon berwarna Merah kemudian seret ke atas, contohnya bisa kalian lihat gambar berikut


#6 : Untuk menghentikan perekaman video kalian pilih icon tombol Kotak merah yang muncul setelahnya :)

Cara Menyimpan Video Clips Memoji / Animoji ke Galeri

Untuk menyimpan video Memoji / Animoji kalian terdapat dua pilihan yang pertama menyimpan tanpa efek memoji / animoji dan yang kedua menyimpan dengan efek memoji / animoji keduanya bisa kalian pilih, kalau begitu langsung saja berikut caranya :

Simpan Video Beserta Efek Animoji : Pertama sentuh / pilih video kalian yang ada di bagian bawah layar kemudian pilih icon menu " kotak dengan panah ke atas " yang terdapat di pojok kanan bawah, contohnya lihat gambar di bawah kemudian pilih Save Video.


Simpan Video Tanpa Efek Memoji / Animoji : Pertama sentuh / pilih video kalian yang ada di bagian bawah layar kemudian geser menu di atas lalu pilih Save Clips, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah.


Jika sudah silahkan cek galeri foto kalian, selain efek wajah Memoji / Animoji terdapat juga banyak efek keren lainnya yang bisa kalian gunakan dan telusuri sendiri pada aplikasi Clips milik Apple ini :)

Satu hal yang saya suka dari efek Memoji / Animoji ini adalah keakuratan pendeteksian 3D otot-otot wajahnya yang sangat baik, misalnya saja seperti mengedipkan mata, menjulurkan lidah, senyum, tertawa dan lain-lain.

Bagaimana keren kan? sekian informasi dan tutorial cara merekam vlog wajah memoji / animoji di iPhone, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!