Solusi Cek Nomor Seri / IMEI pada iPhone yang Mati Total

IMEI atau Nomor Seri merupakan salah satu kode untuk mengidentifikasi perangkat, dalam kasus ini setiap iPhone atau perangkat Apple lainnya memiliki nomor seri yang unik dan berbeda-beda, kode Nomor Seri / IMEI ini dapat di gunakan untuk mengidentifikasi perangkat termasuk melakukan pengecekan terhadap sisa masa garansi.


Tapi apa jadinya apabila iPhone, iPad atau iPod yang ingin di garansikan mati total alias tidak dapat menyala sama sekali? ya.. tentu saja kalian tidak dapat melakukan pengecekan langsung nomor seri / imei melalui iPhone tersebut, mau di sambung ke iTunes juga tidak akan terdeteksi karena mati total.

Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone Stuck Mati Nyala di Logo Apple Terus Menerus

Nah tenang saja tidak perlu khawatir ada beberapa solusi dan cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek nomor seri / imei pada iPhone yang mati total alias tidak menyala sama sekali, berikut caranya :

#1 : Cek Dus / Box iPhone

Setiap pembelian iPhone tentu saja di bekali box dusnya, nah di bagian belakang dus tersebut dekat barcode terdapat nomor seri / imei iPhone kalian, silahkan di periksa.

#2 : Cek Nota Pembelian

Biasanya di setiap faktur atau nota pembelian iPhone akan di tulis no serinya silahkan cek nota pembelian iPhone tersebut

#3 : Cek Melalui Backup iTunes

Apabila tidak ada dus atau nota pembelian ( mungkin hilang? ) kalian bisa mengecek nomor seri / imei iPhone yang mati total tersebut melalui hasil backupnya di iTunes, jadi pastikan iPhone tersebut sebelumnya sudah pernah di backup melalui iTunes, kalau sudah silahkan buka aplikasi iTunes kemudian pilih menu Edit > Preferences... kemudian pilih menu Device lalu arahkan mause kalian ke hasil backupan iPhone kalian, maka otomatis akan muncul informasi iPhone beserta dengan Serial Number dan IMEI, contohnya bisa kalian lihat gambar berikut :


Tambahan untuk pengguna AirPods

Apabila AirPods kalian tidak terdeteksi oleh iPhone atau perangkat manapun untuk menemukan Nomor Seri atau IMEI pada AirPods tersebut silahkan lihat pada bagian belakang penutup case AirPods di sana akan tertera nomor seri yang dapat kalian gunakan untuk mengecek masa garansi.

Bagaimana apakah sudah ketemu? apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil kalian bisa mengira-ngira kapan iPhone tersebut di beli, jika belum 1 tahun maka kemungkinan besar garansi masih ada karena garansi pertama kali aktif saat iPhone tersebut di nyalakan dari dalam keadaan baru / keluar dari dusnya.

Sekian postingan kali ini apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Cara Cek Garansi iPhone, iPad, iPod dan Apple Watch Melalui IMEI / Nomor Seri