Apa Benar Layar Yang Digunakan iPhone Gampang Pecah?

Banyak pengguna iPhone yang seringkali mengalami ataupun mengeluhkan, kenapa layar iPhone sangat mudah sekali pecah? padahal jatuhnya tidak terlalu tinggi? apakah hal ini menandakan layar iPhone jelek alias kurang bagus? untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja perhatikan penjelasan berikut ini.

Ketahanan Layar yang Digunakan iPhone Sama Dengan Layar Smartphone Android Lainnya


Pernah dengar kaca Gorilla Glass? Ya.. kaca Gorilla Glass merupakan lapisan pelindung kaca yang cukup kuat dan fleksibel yang digunakan hampir oleh seluruh smartphone terbaru saat ini termasuk iPhone dan Android, Sebagai contoh Samsung Galaxy Note 10+ dan iPhone 11 Pro Max sama-sama menggunakan kaca Gorilla Glass terbaru untuk melindungi layar dari benturan dan goresan.

Jadi saya rasa tidak cocok jika kita mengatakan bahwa layar yang digunakan iPhone lebih rentan pecah dibandingkan dengan layar yang digunakan oleh smartphone lainnya, toh mereka menggunakan lapisan pelindung kaca yang sama-sama kuat, Gorilla Glass.

Baca Juga : Cara Cek LCD / Layar iPhone Original Atau Tidak Menggunakan 3uTools

Struktur Rangka Bodi iPhone Yang Kuat


Bagi yang masih mengira layar yang digunakan iPhone gampang pecah perlu diketahui juga bahwa rangka bodi yang digunakan oleh iPhone menggunakan material alumunium yang kuat dan kokoh, bahkan untuk model iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan seterusnya, sudah menggunakan bodi Stainless Steel tahan karat yang kuat yang biasanya digunakan juga untuk sekelas alat bedah.

Material kuat pada bodi yang digunakan oleh iPhone sendiri membantu iPhone untuk menahan berbagai macam benturan.

Tetapi Kenapa iPhone Layar iPhone Saya Mudah Pecah?


Untuk menjawab pertanyaan ini memang tidaklah mudah, jika kalian merasa layar pada iPhone kalian mudah pecah mungkin hanya kebetulan saja atau mungkin juga beberapa faktor berikut bisa menjadi faktor utama kenapa layar iPhone kalian mudah pecah :

Baca Juga : iPhone 11 Akan Memperingatkan Jika Mengganti Layar KW alias Tidak Asli

#1 : Terjatuh Dari Ketinggian Yang Cukup Tinggi

iPhone tidak didesain untuk dijatuhkan namun proteksi tambahan seperti kualitas kaca gorilla glass yang kuat dapat membantu melindungi layar agar tidak mudah pecah, meskipun begitu 'kaca ya tetap kaca' ada satu faktor yang sangat berpengaruh dimana kaca dapat dengan mudah pecah yaitu Ketinggian. Semakin tinggi jarak jatuh iPhone maka semakin besar pula kemungkinan pecahnya layar hal ini juga berlaku untuk smartphone lainnya.

#2 : Tidak Menggunakan Tempered Glass

Tujuan dipasangnya tempered glass pada layar salah satunya untuk melindungi layar dari goresan dan dampak akibat terjatuh, layar smartphone yang menggunakan tempered glass memiliki kemungkinan lebih kecil untuk pecah ketimbang yang tidak menggunakan.

#3 : Tidak Menggunakan Case

Case juga memiliki peran yang cukup vital untuk melindungi layar pada iPhone, sebelum layar iPhone jatuh hal yang pertama kali akan berbenturan langsung adalah case yang terdapat pada iPhone itu sendiri, apabila case yang kalian gunakan memiliki sertifikasi drop protection ( setidaknya mirip anticrack ) maka kemungkinan besar layar iPhone kalian akan aman-aman saja apabila jatuh dari ketinggian setinggi orang dewasa dengan permukaan yang datar.

#4 : Kualitas Layar Tidak Original

Apabila layar yang digunakan pada iPhone kalian sudah tidak lagi asli ( original ) karena pernah diganti, tentu saja ketahanan yang dimiliki layar tidak asli akan berbeda jauh dengan layar yang asli, seperti yang kita ketahui sendiri layar yang tidak asli tidak memiliki perlindungan kaca sekelas gorilla glass dan akan mudah sekali pecah apabila terbentur walaupun tidak terlalu keras.

#5 : Terjatuh dengan Layar Lebih Dulu

Ketika iPhone kalian jatuh keberuntungan bisa saja tidak berpihak dimana ternyata saat terjatuh layar pada iPhone ternyata menghadap kebawah atau terbentur terlebih dahulu, akibatnya resiko layar pecah akan meningkat berlipat-lipat lebih besar dibandingkan bila iPhone terbentur pada bagian sisinya ataupun bagian belakang.


Sepengalaman Admin sendiri mulai dari menggunakan iPhone 3GS hingga sekarang iPhone 11 tidak sama sekali mengalami masalah keretakan atau pecah pada layar walaupun sempat pernah terjatuh pada permukaan yang cukup keras.

Baca Juga : Berikut Perkiraan Harga Ganti Layar iPhone Asli & KW Terbaru

Tentu saja hal yang terbaik yang bisa kalian lakukan adalah untuk mencegah agar iPhone tersebut tidak terjatuh dengan cara lebih berhati-hati, namun yang namanya keadaan tidak dapat diprediksi menggunakan case dan tempered glass yang bagus dan tahan terhadap benturan merupakan investasi yang tidak kalah penting demi menyelamatkan iPhone yang harganya tidaklah murah.