Cara Mengatasi AirPods Tidak Bisa di Cas / Charge

AirPods merupakan salah satu Earbuds terbaik yang di miliki Apple saat ini, kualitas dari AirPods sendiri sudah tidak di ragukan lagi. Namun apa jadinya apabila AirPods yang kalian gunakan tiba-tiba tidak mau mengisi daya / di cas / charge?


AirPods yang tidak bisa di Cas biasanya di sebabkan oleh Case pada AirPods itu sendiri, karena memang mekanisme AirPods mengisi daya adalah ketika kalian memasukkan AirPods ke dalam Casenya dan Case tersebut haruslah sudah terisi daya, nah apabila semua sudah beres dan AirPods tidak mau ngecas juga silahkan ikuti cara-cara di bawah berikut untuk memperbaikinya :

#1 : Pastikan Baterai pada Charging Case AirPods dalam Keadaan Terisi

Terlihat sepele namun pastikan kalian menghubungkan kabel charger ( lighting ) ke case AirPods untuk mengisi daya case kemudian biarkan hingga sekitar 15 menit, setelah itu silahkan coba kembali masukkan AirPods kalian kedalam Case dan lihat hasilnya.

#2 : Cek Kabel Charger Untuk AirPods / Gunakan Charger Lain

Apabila Case AirPods tidak mau mengisi daya, pastikan Kabel Charger yang terhubung ke Case AirPods tidak bermasalah silahkan coba gunakan kabel charger lainnya untuk memastikan tidak ada masalah pada kabel charger.

#3 : Reset AirPods

Ada kemungkinan AirPods yang tidak mau mengisi daya di sebabkan oleh Bug, silahkan coba reset AirPods kalian menggunakan cara pada artikel berikut : Cara Reset AirPods / AirPods Pro ke Pengaturan Pabrik

#4 : Bersihkan Port Charger pada Case AirPods

Jika sudah mencoba charger lainnya dan case pada AirPods tidak juga bisa di cas silahkan bersihkan lubang port pada Case AirPods dengan cara di tiup atau gunakan bahan kecil yang lembut, bisa menggunakan cotton buds dan tusuk gigi. Ingat jangan gunakan bahan yang dapat menghantarkan listrik seperti besi, alumunium dan lain sebagainya. Bersihkan juga bagian dalam case dan AirPods itu sendiri.

#5 : Apabila Hanya Sebelah ( kiri / kanan ) atau Salah Satu AirPods yang Tidak bisa di Cas

Jika kalian memiliki 2 buah case AirPods silahkan coba masukkan AirPods kalian ke case yang lainnya apabila mau terisi daya hal ini menandakan case AirPods kalian bermasalah.

Solusi Terakhir silahkan bawa AirPods kalian ke service center authorized Apple di Indonesia untuk di cek kerusakannya, apabila masih memiliki garansi pertimbangkan untuk menggaransikannya.

Akhir kata bagi yang berhasil atau punya tips lain? di persilahkan untuk membagikan pengalaman kalian pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!