Cara Mengatasi Sebagian Layar iPhone Tidak Bisa Berfungsi / Disentuh

Layar tentu saja merupakan bagian terpenting pada iPhone, namun ada beberapa pengguna yang mengalami masalah di mana sebagian atau kurang lebih setengah dari layar iPhone mereka tidak dapat disentuh dan tidak berfungsi sama sekali.


Penyebab dari masalah ini bisa bermacam-macam dan yang paling sering di akibatkan karena benturan pada layar ( jatuh ), kualitas layar tidak original ( pernah di ganti ), terendam air, layar sudah berusia lama dan masih banyak lagi beberapa faktor kecil lainnya. Untuk dapat memperbaiki layar yang hanya berfungsi sebagian ini bisa di bilang seperti 'untung-untungan' semoga saja masalah tidak datang dari layar itu sendiri, kalau begitu untuk memastikannya kalian dapat mencoba beberapa cara ampuh berikut ini :

#1 : Hard / Force Restart iPhone

Dengan melakukan Force Restart maka sistem pada iPhone akan di ulang kembali, cara ini sangat ampuh memperbaiki iPhone yang bermasalah akibat bug atau masalah iOS lainnya. Kalau begitu langsung saja berikut caranya :

iPhone 8/+, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro. 11 Pro Max

1. Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
3. Tekan dan Tahan tombol Power hingga iPhone Restart

iPhone 7/+

1. Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara Bersamaan hingga iPhone Restart

iPhone 6S/+, 6/+, SE, 5S, 5, 5C, 4S, 4

1. Tekan dan Tahan tombol Home dan Tombol Power secara Bersamaan hingga iPhone Restart

#2 : Cek Fisik Layar

Apabila layar tidak bisa disentuh sebagian akibat terjatuh, pastikan layar iPhone kalian tidak terangkat keluar, jika sedikit terangkat silahkan tekan kembali ke tempatnya secara halus dan perlahan.

#3 : Apabila Terkena Air

Apabila habis terendam air, pastikan untuk mengeringkan iPhone terlebih dahulu sebelum mencobanya lagi, baca juga : Apa Yang Harus dan Jangan di Lakukan Jika iPhone Terendam Air

#4 : Coba Lepas Case dan Pelindung Layar

Silahkan coba mencopot case kalian dan coba kembali, apabila tidak membuahkan hasil cek juga pelindung layar kalian apakah retak atau tidak, jika retak coba lepaskan dan coba lagi. Jangan lupa bersihkan layar kalian dan pastikan tidak dalam keadaan basah atau banyak kotoran yang menempel.

#5 : Kerusakan Komponen Layar

Cara-cara di atas tidak ada yang berhasil? kemungkinan paling besar layar pada iPhone kalian mengalami masalah entah itu akibat terjatuh, terbentur atau faktor lainnya. Silahkan bawa iPhone kalian ke service center Apple authorized di Indonesia untuk di cek lebih mendetail masalah yang kalian alami.


Ya.. memang sebagian besar orang yang mengalami masalah layar pada iPhone maupun iPad yang tidak berfungsi sebagian atau sebelah, berakhir dengan mengganti komponen layar. Faktor seperti jatuh, usia dan kualitas layar juga sangat berpengaruh terhadap masalah tersebut. Apabila memang teridentifikasi memang layar kalian bermasalah pastikan kalian menggantinya dengan layar dengan kualitas Original / Asli untuk menghindari masalah serupa atau masalah-masalah lainnya.

Baik sekian informasi cara memperbaiki sebagian atau setengah layar iPhone yang tidak dapat di sentuh, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!