Cara Merekam Layar iPhone dan iPad di iOS 13 / iPadOS 13

Apple membawa banyak perubahan dan fitur baru pada iOS 13 untuk iPhone dan salah satu perubahan besar juga terjadi untuk pengguna iPad, alih-alih menggunakan iOS 13 iPad sekarang memiliki sistemnya sendiri yang di sebut iPadOS 13 dengan perubahan tampilan dan fitur yang tidak kalah besar dengan iOS.


Namun demikian ada beberapa fitur yang terasa hilang dari iOS 13 / iPadOS 13 yaitu Sreen Recording fitur untuk melakukan perekaman pada layar. Biasanya untuk melakukan perekaman layar kita tinggal mengakses Control Center dan menekan icon menu untuk merekam layar, namun di iOS 13 icon tersebut tiba-tiba saja tidak ada. Lalu apa yang sebenarnya terjadi? sebenarnya  fitur perekaman layar tentu saja masih ada namun pintasan perekaman layar tersebut secara default / bawaan tidak di tambahkan secara otomatis ke control center di iOS.

Solusinya kita akan menambahkan terlebih dahulu icon perekaman layar ke dalam control center untuk memulai merekam layar, langsung saja ikuti caranya berikut ini :

Cara Merekam Layar di iOS 13

#1 : Buka Settings / Pengaturan kemudian masuk ke menu Control Center / Pusat Kontrol lalu masuk lagi ke Customize Controls

#2 : Selanjutnya sekarang seret ke bawah car menu " Screen Recording " lalu tap icon tanda tambah yang ada di sebelahnya untuk menambahkan fitur Screen Recording ke dalam Control Center


#3 : Jika sudah sekarang silahkan buka Control Center dan tap icon Screen Recording yang tadi baru saja kalian tambahkan untuk memulai perekaman layar, untuk menghentikan perekaman tap lagi icon Screen Recording pada control center



Bagaimana gampang kan? hasil perekaman layar secara otomatis akan di simpan dalam bentuk video di galeri foto iPhone kalian.

Baik sekian informasi cara merekam layar iPhone dan iPad di iOS 13, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!