Perlukah iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max Menggunakan Anti Gores?

Tempered Glass atau Anti Gores atau Screen Protector merupakan lapisan tambahan untuk melindungi layar smartphone dalam hal ini layar iPhone, bagi sebagian orang memang menggunakan anti gores adalah hal yang wajib dilakukan demi melindungi layar iPhone mereka, namun sebagian lagi tidak setuju dengan hal ini.


Nah pada postingan kali ini saya akan memberikan jawaban soal pertanyaan, Apakah layar pada iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max membutuhkan anti gores atau tempered glass?

Ya Perlu! berikut alasannya..

Kaca pelindung yang digunakan oleh iPhone 11 dan iPhone 11 Pro / Max untuk melindungi layarnya adalah Gorilla Glass 6 terbaru, kekuatan dan daya tahan goresan dari gorilla glass 6 tentu saja tidak diragukan lagi. Namun beberapa waktu yang lalu saya sempat memposting kabar dari salah satu forum resmi Apple, bahwa banyak pengguna iPhone 11 dan iPhone 11 Pro / Max yang mengeluhkan layar mereka gampang tergores walaupun hanya dimasukkan ke dalam saku celana, belum pasti kenapa hal ini bisa terjadi namun banyak pengguna yang akhirnya ikut memposting bahwa mereka juga mengalami hal yang sama pada iPhone 11 dan iPhone 11 Pro mereka. Selengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut : Pengguna Mengeluh Layar iPhone 11 Mudah Tergores + Foto Bukti


Menggunakan tempered glass atau anti gores bukanlah hal yang buruk, melindungi aset bernilai tinggi merupakan suatu investasi. Jadi tentu saja menggunakan tempered glass pada iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max merupakan keputusan terbaik. Selain dapat melindungi layar iPhone tetap mulus, dalam beberapa kasus juga dapat membantu melindungi layar iPhone dari resiko pecah akibat benturan.

Untuk saat ini sudah banyak tempered glass berkualitas dengan pemasangan yang cukup mudah dan cepat, beberapa merk juga sudah menyertakan braket yang digunakan untuk mencocokan tempered glass dengan layar iPhone agar pemasangan menjadi lebih pas, contohnya saja merk Spigen.

Tidak Perlu! berikut alasannya..

Dengan tidak menggunakan tempered glass / anti gores maka kalian bisa melihat lebih detail keindahan layar dari si iPhone itu sendiri, sensitivitas dan sentuhannya akan sangat terasa lebih baik dibandingkan menggunakan tempered glass. Selain daripada itu pelindung kaca Gorilla Glass 6 dari Corning yang digunakan oleh iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max sudah cukup memberikan perlindungan dari goresan akibat pemakaian sehari-hari, toh tidak ada yang mau menggores layar iPhone menggunakan pisau atau benda tajam lainnya kan?


Goresan-goresan halus mungkin akan terjadi selama pemakaian, namun disamping itu goresan halus tersebut tidak memberikan masalah pandangan layar yang serius, bahkan terkadang tidak terlihat sama sekali ( hanya terlihat jika dilihat dari beberapa sudut dan pantulan cahaya saja ). Apalagi buat kalian yang suka gonta-ganti smartphone setiap 1 atau 2 tahun sekali, sayang kan tidak dinikmati layar iPhone yang indah tersebut?

Admin Sendiri Pakai atau Tidak?


Kebetulan Admin sendiri menggunakan iPhone 11 dan buat Admin tempered glass merupakan hal yang Penting, jadi Admin berpendapat iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max perlu menggunakan tempered glass. Kenapa? Selain dapat memberikan perlindungan dari goresan, keuntungan yang didapat dengan menggunakan tempered glass juga cukup banyak, misalnya dapat melindungi layar apabila terbentur atau terjatuh, memberikan tampilan privacy ( privacy tempered glass ) dan dalam beberapa kasus memberikan rasa sentuhan yang lebih halus.

Kesimpulan..

Akhir kata, kalian dapat memilih opsi tidak menggunakan tempered glass jika tidak masalah dengan baret-baret halus pada layar, namun jika peduli dengan tampilan layar yang harus bebas dari goresan maka tempered glass adalah pilihan yang terbaik.

Bagaimana menurut kalian? kalian sendiri pakai atau tidak? silahkan tinggalkan jawaban kalian pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!